Atlet Kalbar Maharani Azhri Wahyuningtyas atau akrab disapa Tyas yang berhasil meraih medali perunggu cabang olahraga triathlon nomor tunggal putri SEA Games 2023 disambut hangat kedatangannya di Kalbar oleh keluarga, rekan dan Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Triathlon Indonesia Kalbar.

“Acara penyambutan kepulangan Tyas ke Kalbar berlangsung aman tidak ada hambatan, hanya sedikit tertunda sekitar satu jam dari Jakarta. Semua antusias menyambut atlet kebanggaan Kalbar,” ujar Ketua Pengprov Federasi Triathlon Indonesia Kalbar, Sigit Sugiardi di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan pada acara SEA Games 2023 di Kamboja, Kalbar mengirimkan enam atlet lainnya beserta Tyas untuk berpartisipasi pada cabang olahraga yang berbeda-beda.

“Cabang olahraga triathlon yang diikuti Tyas ada tiga nomor lomba yaitu aquathlon (renang dan lari), duathlon (sepeda dan lari), dan triathlon (renang, sepeda, dan lari), Tyas ikut nomor women’s individual duathlon,” kata dia.

Ia menjelaskan dalam babak final cabang olahraga duathlon, setiap atlet diwajibkan berlari lima kilometer kemudian dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 20 kilometer hingga ke tahap akhir berlari kembali dua setengah kilometer.

Sementara itu pada final duathlon perorangan putri, medali emas diraih oleh atlet Filipina Marion Kim Exconde Mangrobang sedangkan medali perak diraih oleh atlet Vietnam Thi Phuong Trinh Nguyen.

Mengenai harapan ke depannya, ia mengharapkan atlet triathlon Kalbar yang lain terpacu untuk berprestasi.

“Semoga atlet triathlon Kalbar yang lainnya bisa terpacu seperti Tyas, mengingat pada Juli 2023 ini triathlon Kalbar akan mengikuti kegiatan nasional yakni Pra-PON di Jepara,” harap dia.

Pewarta: Dedi dan Damara

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023