Dini hari tadi, Senin 15 Mei 2023 sekitar pukul 01.20 WIB api melalap delapan rumah toko (ruko) yang merupakan deretan bengkel sepeda motor yang terletak di Balai Karangan II Desa Balai Karangan, Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. 

"Saat kami datang api sudah mulai membesar terutama di Ruko paling tengah dari delapan Ruko yang terbakar dini hari tadi," kata Kordinator Tagana dan Unit Pemadam Kebakaran (UPK) Kecamatan Sekayam, Cahyadi, Senin.

Cahyadi mengatakan, dalam upaya pemadaman api yang membakar Ruko itu tak kurang mengerahkan tiga UPK yaitu selain UPK dari Kecamatan Sekayam juga di bantu petugas UPK dari Kecamatan Beduai dan Kembayan.

"Api begitu cepat membakar ke delapan Ruko, dan kami di bantu pihak kepolisian serta warga setempat baru bisa memadamkan api sekitar tiga jam. Lamanya upaya pemadaman api itu dikarenakan kami kesulitan mendapatkan pasokan air," ungkap Cahya.

Sementara itu, Kapolsek Sekayam Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ruslan Abdul Gani menjelaskan api mulai membesar dari lantai II Ruko milik Muslimin yang merupakan salah satu Roku yang terbakar.

AKP Ruslan mengatakan atas kejadian itu pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran. Untuk saat ini, Kapolsek mengatakan anggotanya melakukan pengamanan di area kebakaran dan mengamankan barang-barang milik korban yang masih sempat di selamatkan saat kebakaran terjadi.

Atas kejadian itu, kerugian para korban kebakaran di perkirakan sekitar ratusan juta Rupiah.

"Kami masih terus mencari penyebab kebakaran dan saat ini kami telah melakukan pengamanan dengan menempatkan anggota kami di lokasi kejadian. Meski ke delapan Ruko itu terbakar hangus oleh kobaran api, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," tutup Kapolsek Sekayam.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023