Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kalimantan Barat menggiatkan upaya peningkatan literasi masyarakat, antara lain dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan untuk mendorong warga membaca.

Saat menghadiri lomba bercerita dan bazar buku yang diadakan oleh pemerintah di Kota Pontianak, Rabu, Ketua Forum TBM Kalimantan Barat Anissa Maharani mengatakan bahwa Forum TBM telah menyelenggarakan festival literasi, bazar buku, lomba bercerita, acara bincang-bincang, dan sesi berbagi bersama penggiat literasi dalam upaya meningkatkan minat membaca masyarakat.

Forum TBM Kalimantan Barat, menurut dia, juga berupaya meningkatkan kapasitas relawan dan pengelola taman bacaan.

"Salah satu upaya yang kami lakukan untuk menguatkan literasi di Kalbar adalah dengan memaksimalkan potensi dan sumber daya dari relawan dan penggiat literasi," kata Anissa.

Di samping itu, ia mengatakan, Forum TBM berusaha memperbaiki pengelolaan taman bacaan dan pojok baca agar minimal bisa setara dengan standar pengelolaan perpustakaan.

Annisa mendorong warga membuat pojok baca atau teras baca di rumah untuk membiasakan anggota keluarga membaca serta memfasilitasi warga lain yang membutuhkan bahan bacaan.

"Mereka bisa mendirikan pojok baca atau teras baca di rumahnya. Tidak harus berbentuk perpustakaan yang besar dengan koleksi buku yang lengkap," katanya.

Forum TBM Kalimantan Barat berpartisipasi dalam bazar buku, pameran inklusi sosial, dan lomba bercerita bagi pelajar yang diadakan oleh Pemerintah Kota Pontianak di Taman Alun-Alun Kapuas dari 17 sampai 19 Mei 2023.

Kegiatan tersebut ditujukan untuk meningkatkan literasi masyarakat, utamanya anak-anak.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Ananda Alifia Putri

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023