Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Sultan Muhammad Jamaludin I Sukadana, Kabupaten  Kayong Utara, dr Maria Fransisca Antonelly menegaskan akan memberi sanksi tegas kepada oknum pegawainya yang terbukti melakukan pelecehan atau  tindakan tidak terpuji kepada pasien.

"Kita akan segera melakukan evaluasi dam memanggil oknum pegawai yang bersangkutan untuk minta keterangan dan jika terbukti pegawai kami yang salah tentu ada sanksi tegas dari manajemen rumah sakit," kata dr. Maria  saat dihubungi di Sukadana, Sabtu.

Ia mengungkapkan itu terkait kasus adanya pasien yang diperlakukan  tidak sopan yang dilakukan oknum pegawai rumah sakit tersebut. Keluhan pelecehan kepada pasien berupa tindakan kata-kata kasar itu ramai ditanggapi netizen di media sosial. 

Menurut dia, karena adanya keluhan masyarakat di media sosial, pihaknya  telah menghubungi yang bersangkutan melalui humas rumah sakit untuk meminta keterangan lebih lanjut terkait oknum pegawai mereka yang diduga telah melakukan tindakan kurang sopan kepada pasien.

"Yang bersangkutan telah menyampaikan kronologinya. Dan secara internal kami juga sudah tindaklanjuti dengan lakukan evaluasi pelayanan," ungkapnya.

Menurutnya pihak rumah sakit jika terjadi masalah seperti ini biasanya pihaknya menggelar rapat besar seluruh staf unit terkait dan komite. Kemudian memberikan klarifikasi kepada mereka baik dari pihak pasien maupun petugas.

"Jadi tujuan kami rapat adalah memahami dulu apa duduk permasalahannya. Setelah itu jika sudah di dapat problemnya apa atau siapa, baru diambil tindakan," tuturnya.

Ia menganggap kritikan dan saran yang ditujukan kepada pihak  RSUD SMJ I Sukadana tujuannya untuk melakukan evaluasi dan perbaikan pelayanan  secara bersama  di rumah sakit satu-satunya yang ada di negeri bertuah tersebut.

"Kami berterima kasih atas atensi dan masukannya. Bagi kami mungkin dengan kejadian ini justru jadi pendorong percepatan perbaikan mutu pelayanan kami," kata dia.

Ia menghimbau kepada  masyarakat yang hendak menyampaikan keluhan dan kritikan agar disampaikan pada humas rumah sakit.

"Semisal ada kejadian serupa atau keluhan lain dapat langsung menyampaikan pada kami ataupun humas kami pak Ridwansyah. Semoga ke depan pelayanan bagi masyarakat semakin baik dan tetap menjaga prinsip mengutamakan keselamatan pasien," tutup dr Sisca.

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023