Pangdam XIl Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan, mengajak masyarakat untuk bekerja bersama membangun kemajuan daerah, dengan harapan nantinya masyarakat mampu mandiri mengatasi masalah di bidang ekonomi, teknologi dan sosial.

"Dengan telah selesainya TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Regtas ke-116 Kodim 1208/Sambas di Desa Lubuk Dagang ini masyarakat dapat memeliharanya. Kemudian kepada Pemda Sambas juga diharapkan dapat melanjutkan dengan peningkatan kualitas pembangunan," kata Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan di Sambas, Jumat.

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan mengatakan, TMMD merupakan program bakti TNI yang melibatkan TNI-Polri, masyarakat, instansi terkait dan lembaga pemerintahan lainnya untuk mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. 

"Kami menyerahkan seluruh hasil pelaksanaan kepada Pemda serta menghimbau untuk peningkatan kualitas pembangunan TMMD dalam rangka untuk meningkatkan pendapat perkapita masyarakat," harap Pangdam.

Sementara itu, dalam laporannya Dansatgas TMMD, Letkol Inf Dadang Armada Sari mengungkapkan, bahwa program TMMD oleh Kodim 1208/Sbs telah dilakukan mulai 8 Mei hingga 8 Juni 2023 di Desa Lubuk Lagak dan telah selesai sesuai rencana.

"TMMD selesai sesuai rencana dengan lancar dan aman. Hasil 100 persen dengan berbagai sasaran fisik dan sasaran non fisik yang dilakukan," ungkapnya.

Letkol Inf Dadang Armada Sari mengatakan, sasaran fisik TMMD yang telah dilakukan yaitu pembukaan jalan 2500 m lebar 12 m, pembangunan jalan rabat beton, renovasi gedung PAUD dan Posyandu serta rehab rumah tidak layak huni.

"Adapun sasaran non fisik berupa penyuluhan diantaranya, Pramuka, Kamtibmas dan narkoba, karhutla, stunting, bela negara, bakti sosial dan lain sebagainya," ungkap Letkol Dadang. 

Ia menambahkan usai upacara penutupan di Lapangan Desa Lubuk Dagang, Kecamatan Sambas, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan bersama dengan Forkopimda Kabupaten Sambas melaksanakan kegiatan bakti sosial dan meninjau hasil sasaran fisik TMMD dan kegiatan pengobatan massal. 

Penutupan TMMD itu juga ditandai dengan pernyataan resmi Pangdam XII/Tpr dan penandatanganan naskah serah terima hasil pekerjaan TMMD oleh Dansatgas TMMD ke-116 Kodim 1208/Sbs tahuntahun 2023, Letkol Inf Dadang Armada Sari, dan Bupati Sambas Satono dihadapan Pangdam XII/Tpr. 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023