Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mempersilahkan warga Kota Pontianak untuk beramai-ramai melaksanakan shalat Idul Adha 1444 Hijriah yang digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak yang akan dipusatkan di alun-alun Kapuas atau halaman Kantor Wali Kota Jalan Rahadi Usman Pontianak, Kalimantan Barat.

"PHBI Kota Pontianak telah mempersiapkan segala sesuatu di alun-alun Kapuas atau tepatnya depan Kantor Wali Kota, agar masyarakat bisa dengan nyaman melaksanakan shalat Idul Adha di sana. PHBI juga telah menyiapkan mesjid yaitu Mesjid Al Khalifah yang ada di komplek Kantor Wali Kota Pontianak," kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Rabu.

Edi mengatakan pada hari ini Rabu (28/6) sudah ada umat Muslin yang melaksanakan shalat Idul Adha khususnya Muhammadiyah. Namun pengumuman resmi dari pemerintah menyebutkan perayaan Idul Adha digelar pada Kamis (29/6).

Dalam kesempatan itu, Edi Kamtono mengimbau para pedagang hewan kurban di Kota Pontianak, agar menjaga kebersihan dan kesehatan hewan kurban.

"Saya sendiri tahun ini akan memotong dua ekor sapi kurban, salah satunya merupakan sapi yang beratnya sekitar 100 kg. Kurban sapi akan dilaksanakan di mesjid Jami, dan ada juga hewan kurban yang telah kami salurkan kepada umat yang membutuhkan," ujarnya. 

Edi berharap pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023 ini dapat berjalan lancar dan aman. 

"Kita juga sama-sama berdoa shalat Idul Adha 1444 H diridhoi Allah dengan didukung cuaca yang cerah dan tidak terjadi hujan. Kalau pun cuaca hujan shalat Idul Adha itu akan tetap kami dilaksanakan di Mesjid Al Khalifah yang ada di Kompleks Kantor Wali Kota Pontianak," kata Edi. 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023