Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat, Citra Duani mengajak masyarakat di daerah tersebut untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan berbagai perlombaan olahraga dan kegiatan positif.

"Para pejuang dulu mengorbankan jiwa raga untuk kemerdekaan, sekarang kita menikmati kemerdekaan dan kita harus isi dengan kegiatan yang positif," kata Citra Duani, usai pertandingan olahraga, di Kayong Utara, Minggu.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menggelar berbagai pertandingan olahraga seperti bola voli, bulutangkis dan tenis meja dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Disampaikan Citra Duani, partisipasi masyarakat dalam menyambut dan memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI sebagai wujud membangkitkan semangat nasionalisme persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

Menurut dia, untuk meraih kemerdekaan bukanlah sesuatu yang mudah, para pejuang dan pahlawan rela berkorban jiwa dan raga, terjadi pertumpahan darah, sehingga ada 17 Agustus 1945 Negara Republik Indonesia mendeklarasikan kemerdekaan melalui proklamasi kemerdekaan yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia saat itu yaitu Bung Karno.

Oleh karena itu, kata Citra Duani, menjelang HUT ke-78 Kemerdekaan RI, sudah selayaknyalah masyarakat Indonesia mengenang dan menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan, selain memasang dan mengibarkan bendera merah putih, masyarakat juga diminta untuk memeriahkan hari kemerdekaan itu dengan berbagai kegiatan positif.

Dia juga berpesan kepada para atlet yang mengikuti pertandingan berbagai kegiatan olahraga untuk bersungguh-sungguh berkompetisi dan berjuang meraih prestasi dengan menjunjung tinggi sportifitas dalam pertandingan.

Selain itu, Citra Duani juga berharap melalui pertandingan dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI tersebut muncul atlet berprestasi yang nantinya mampu mengharumkan nama baik Kabupaten Kayong Utara, baik di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional.

"Saya harap bukan hanya menjadi juara di Kayong Utara, tetapi juga kedepannya bisa juara di provinsi, nasional dan internasional, seperti halnya petinju professional Daud Yordan yang telah mengukir prestasi hingga tingkat internasional," pinta Citra Duani.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kayong Utara Muchamad Idham menjelaskan dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, pihaknya menyelenggarakan tiga pertandingan cabang olahraga yaitu bola voli, bulu tangkis dan tenis meja.

"Tiga cabang olahraga itu diikuti ratusan atlet di Kayong Utara, masyarakat sangat antusias memeriahkan HUT Kemerdekaan RI,"katanya.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023