Prajurit satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) Yonarmed 16/TK bersama warga membuka lahan untuk berkebun tanaman palawija untuk memenuhi kebutuhan pangan di daerah Asuangsang Desa Sei Bening, Kecamatan Sajingan Besar perbatasan Indonesia-Malaysia, wilayah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

"Kami mengajak masyarakat menanam palawija, hasilnya bisa dijual menambah penghasilan masyarakat dan untuk ketahanan pangan di perbatasan," kata Komandan Kompi I Yonarmed 16/TK Kapten Arm Rimi Sugara, di Markas Komando Kompi Sajingan Besar, Sambas, Sabtu.

Disampaikan Sugara, dalam mengolah lahan pertanian khusus kebun palawija dengan komoditas utama sayur-mayur, prajurit Satgas Pamtas mengajarkan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pertanian, sehingga tanaman bisa lebih produktif.

Menurutnya, program pertanian untuk peningkatan kebutuhan ketahanan pangan perlu terus dilakukan, mengingatkan di daerah perbatasan banyak lahan kosong yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

Sementara itu, Komandan Pos Serka Sukri menjelaskan dalam melaksanakan program pertanian itu prajurit Satgas Pamtas yang bertugas di daerah tersebut bersama-sama dengan masyarakat memanfaatkan lahan kosong dijadikan tempat bercocok tanam.

Ada pun jenis sayuran yaitu terong dan sejumlah sayuran lainnya, yang dapat bermanfaat bagi kebutuhan pangan masyarakat.

"Hasilnya bisa dijual untuk menambah ekonomi masyarakat," katanya.

Dikatakan Sukri, sebagai prajurit TNI mesti berpegang teguh dengan sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI.

"Kami melaksanakan poin terakhir yaitu menjadi contoh dan mempelopori usaha untuk mengatasi kesulitan masyarakat, salah satunya meningkatkan ketahanan pangan," ucap dia.

Sukri juga mengajak masyarakat untuk giat bercocok tanam, memanfaatkan lahan kosong untuk menjadi lahan pertanian produktif yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan ketahanan pangan di perbatasan.

"Kami memberikan pemahaman kepada masyarakat agar memanfaatkan lahan kosong untuk bertani sayur-sayuran sehingga menjadi lahan yang produktif untuk pendapatan ekonomi masyarakat itu sendiri," katanya.
Prajurit Satgas Pamtas Yonarmed 16/TK memanfaatkan lahan kosong bersama masyarakat untuk berkebun sayur mayur dalam memenuhi kebutuhan ketahanan pangan dan meningkatkan ekonomi masyarakat di Kecamatan Sajingan Besar perbatasan Indonesia-Malaysia, wilayah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Yonarmed 16/TK. (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023