Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) bersama Education Malaysia Global Services (EMGS) menyepakati kerja sama di bidang akademik untuk meningkatkan prestasi universitas yang ada di Indonesia dan Malaysia.

"Kami menerima dengan baik kunjungan dari CEO EMGS ini untuk menjalin kerja sama, khususnya di bidang pendidikan, antara Indonesia dalam hal ini Kalbar, bersama Pemerintah Malaysia," kata Gubernur Kalbar Sutarmidji di Pontianak, Selasa.

Ia mengatakan tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama itu antara lain kedua pihak bersinergi dengan menyelaraskan pendidikan mahasiswa dua tahun di Malaysia dan dua tahun di Indonesia. "Supaya terjalin hubungan lebih baik ke depannya," tutur Sutarmidji

Tidak hanya sektor pendidikan, pertemuan tersebut juga membahas terkait aspek pariwisata. "Serawak itu wisatanya maju sekali, kita bisa belajar dari situ, terutama strategi promosinya," kata Sutarmidji.

Di tempat yang sama, CEO EMGS Novie Bin Tajudin mengungkapkan bahwa pihaknya akan bekerja sama untuk meningkatkan kualitas akademik dan prestasi universitas yang ada di Indonesia dan Malaysia.

Kerja sama akan dilakukan dalam bentuk  berbagi ilmu dengan program seperti double degree diploma, kata dia, dimana dua tahun di Kalbar dan dua tahun di Malaysia.

"Jadi dengan program seperti itu dapat menambah pengetahuan dan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi, sebagaimana telah berjalan pada beberapa universitas yang ada di Indonesia yang telah bekerja sama," katanya.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023