Tingkatkan kolaborasi antar sesama pengguna kendaraan listrik, Pemilik kendaraan listrik di Kota Pontianak membentuk Komunitas Electric Vehicle (EV) pada kegiatan EV Gathering yang dilaksanakan oleh PLN UP3 Pontianak di Hotel Mercure, pada Hari Selasa tanggal 12 September 2023. 

Menurut Manager PLN UP3 Pontianak, Sigit Hari Wibowo, EV Gathering yang dilaksanakannya merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional tahun 2023, serta sebagai media komunikasi, berbagi informasi dan pengalaman dalam menggunakan kendaraan listrik.

Linardi, warga Jalan Ali Anyang, Pontianak mengaku menggunakan kendaraan listrik sejak setahun yang lalu. Selain lebih praktis, kendaraan listrik miliknya sangat hemat.

"Pajaknya cuma 143 ribu rupiah per tahun. Melakukan pengecashan mobil listrik tidak berpengaruh terhadap pemakaian listrik setiap bulannya," ujar Linardi .

Ia berharap pemasangan SPKLU diperbanyak, khususnya arah keluar kota agar pemilik kendaraan listrik tidak ragu lagi menggunakan kendaraannya untuk perjalanan keluar kota.

Senada, Wilson, warga Jalan Purnama Pontianak, mengatakan bahwa performa kendaraan listrik miliknya sangat baik, modelnya pun sangat kekinian dan  pastinya jauh lebih  hemat. 

"Waktu menggunakan mobil konvensional, saya harus merogoh kocek sekitar 1,7 juta per bulan untuk membeli BBM. Setelah menggunakan mobil listrik, dalam sebulan saya hanya mengeluarkan biaya sekitar 200-an ribu rupiah saja. Hemat sekali," tutur Wilson.

Sementara itu, Senior Manager Niaga dan Manajemen PLN UID Kalbar, Paris El Hakim, 
mengatakan bahwa pihaknya terus mendorong masyarakat untuk lebih mengenal kendaraan listrik dengan berbagai keunggulannya, sehingga mereka tertarik untuk segera beralih menggunakan kendaraan listrik.

Diakuinya, selain lebih hemat, menggunakan kendaraan listrik juga dapat berkontribusi dalam menjaga kualitas udara, menekan dampak emisi rumah kaca dan polusi udara.

Ia berharap pembentukan komunitas EV di Kalbar akan semakin meningkatkan minat masyarakat untuk dapat beralih menggunakan kendaraan listrik.

"Pembentukan komunitas EV sangat positif untuk membantu meningkatkan pemahaman masyarakat terkait EV," imbuh Paris.

Ditegaskannya, PLN mendukung akselerasi ekosistem EV di Kalimantan Barat dengan meningkatkan kualitas pelayanan kelistrikan  kepada pelanggan, menyediakan infrastruktur pendukung seperti SPKLU, SPLU dan fasilitas Home Charging Services yang terintegrasi di PLNMobile dimana ada diskon 30 % untuk pemakaian di jam 22.00 wib sd 05 00 wib untuk pemilk Kendaraan listrik

Ia juga mengatakan seluruh informasi terkait layanan EV dan berbagai promo layanan dapat diakses lewat aplikasi PLN Mobile. 

"Silahkan download aplikasi PLN Mobile secara gratis di Play Store bagi pengguna Android dan APP Store bagi pengguna IOS, dan dapatkan berbagai kemudahan layanan termasuk informasi EV di aplikasi yang super canggih ini," tutup Paris.

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023