Pemilik rumah toko dan kios yang hangus terbakar di Pasar Sudirman mengharapkan bantuan bangunan pemerintah untuk membangun rumah toko baru.

"Kami selaku korban kebakaran berharap pemerintah segera memberikan bantuan agar kami dapat berjualan kembali untuk menutupi kerugian pasca kebakaran, seperti bantuan bangunan ruko untuk berjualan," kata Mochtar, salah satu pedagang korban kebakaran di Pasar Sudirman, Pontianak, Senin.

Ia mengatakan kebakaran yang terjadi pada Sabtu 16 September 2023 di malam hari sekitar pukul 23.00 WIB membuat para pedagang kehilangan tempat berusaha. 

"Saya mendapat kabar kebakaran terjadi sekitar pukul 23.00 WIB, dan api dapat dipadamkan hampir jam dua pagi. Besok paginya masih ada asap disekitar lokasi kebakaran sehingga harus disiram kembali," kata dia.

Ia mengatakan kerugian di kiosnya berkisar Rp6 juta. Barang yang terbakar diantaranya gorden dengan harga Rp160 ribu per helai dan taplak meja dengan harga Rp180 ribu sampai Rp250 ribu.

Sementara itu, Marlon Sembiring dari Balai Kemitraan Polisi Masyarakat (BKPM) Tanjung Raya 2 mengatakan untuk tindak lanjut dari kepolisian masih menunggu laporan resmi dari korban kebakaran.

"Kami berharap pedagang yang menjadi korban kebakaran segera melakukan koordinasi terkait laporan ke Polresta agar dapat ditindaklanjuti secepatnya," katanya.

Kebakaran ruko di Pasar Nusa Indah I dan Nusa Indah II yang lebih dikenal dengan Pasar Sudirman menghanguskan lebih dari 40 kios dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.


 

Pewarta: Ade Ihsani Al Munawar

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023