Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Provinsi Papua menggelar aksi gotong royong memungut sampah di 19 distrik, Jumat (22/9), untuk memperingati World Cleanup Day (WCD) atau Hari Bersih-Bersih Sedunia yang diperingati setiap 17 September.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri di Sentani, Kamis, mengatakan kegiatan ini melibatkan semua komponen, baik masyarakat maupun lembaga pemerintah/swasta di daerah itu.

“Kegiatan ini serentak akan dilakukan di wilayah Kabupaten Jayapura dari kota hingga ke kampung-kampung yang ada di wilayah ini, dan kami telah menyurati ke setiap kepala distrik untuk menindaklanjuti kegiatan ini kepada warganya di kampung,” katanya.

Ia menjelaskan WCD adalah aksi sosial secara global tahunan yang mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut membersihkan dan menjaga kebersihan bumi dengan tujuan mengurangi masalah limbah padat dan sampah laut.

“Aksi ini dilakukan secara serentak di 191 negara di dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku dan ras untuk sama-sama membersihkan dunia dari permasalahan sampah,” ujarnya.

Dia menjelaskan Pemkab Jayapura peduli dengan penanganan sampah sehingga kegiatan ini sebagai bahan introspeksi warga setempat untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Bisa dikatakan ini merupakan kegiatan moral untuk semua warga daerah ini untuk secara bersama peduli terhadap sampah, karena kebersihan merupakan bagian dari pada iman,” katanya.

Dia menambahkan sampah-sampah setelah dipungut kemudian diangkut oleh kendaraan operasional kebersihan Dinas Lingkungan Hidup.

“Mobil dan petugas kami kerahkan semuanya untuk bersama-sama dengan warga, pegawai pemerintah maupun swasta, TNI, Polri untuk kita memberikan sampah di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.
 

Pewarta: Yudhi Efendi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023