Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson meminta seluruh mahasiswa untuk berani memulai usaha sejak di bangku perkuliahan, agar bisa membuka lapangan pekerjaan bagi diri sendiri dan orang lain.

"Saya minta kepada semua mahasiswa yang ada di sini untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan ikuti irama perkuliahan secara rutin dan mengerjakan tugas apa yang telah diberikan oleh dosen. Jangan sampai selama masa perkuliahan adik-adik tidak mendapatkan hasil yang maksimal," kata Harisson saat menghadiri acara Masa Ta'aruf (Masta) Fakultas Ekonomi dan Bisnis bersama Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Pontianak (PK IMM Ibnu Khaldun 2023), di Pontianak, Jumat.

Dia juga mengajak untuk berani berwirausaha. Sebab, dengan berwirausaha akan menciptakan lapangan pekerjaan baru yang dapat membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran di Kalbar.

"Jiwa kewirausahaan harus ditumbuhkan sejak dini. Bisa dimulai dari mahasiswa saat ini, agar adik-adik ini sudah mulai terbiasa dan mandiri serta mendapatkan penghasilan sendiri," katanya pula.

Mantan Sekda Kalbar ini, juga menyarankan kepada mahasiswa agar setelah lulus kuliah tidak secara langsung berpikir hanya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal tersebut diungkapkan, karena pemerintah saat ini sudah membatasi jumlah dan rekrutmen PNS.

"Saya pinta adik-adik setelah selesai kuliah untuk tidak hanya berpikir untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil, sebab pemerintah sekarang sudah membatasi penerimaan pegawai negeri dan bahkan untuk keberadaan jumlah pegawai itu terus dikurangi," katanya pula.

Dia juga menjelaskan bahwa di samping para mahasiswa fokus dalam perkuliahan, juga menyarankan agar aktif di berbagai organisasi. Dirinya juga menggambarkan saat duduk di bangku kuliah.

"Saya dulu sewaktu kuliah aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan, pernah waktu itu ditunjuk sebagai kepala seksi, kemudian di tahun selanjutnya diangkat menjadi kepala bidang, tak sampai di situ bahkan dirinya diminta untuk menjadi ketua senat mahasiswa, karena kita dianggap mampu menjalankan organisasi tersebut. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kepada adik-adik selain pentingnya sebagai mahasiswa fokus untuk belajar sebisanya, juga untuk aktif di berbagai bidang organisasi kampus," katanya lagi.

Untuk diketahui, bahwa Masta diadakan setiap tahunnya oleh PK Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Pontianak yang sejatinya merupakan kampus naungan Muhammadiyah.

Masta diselenggarakan oleh seluruh anggota IMM dengan penanggung jawabnya adalah Pimpinan Komisariat IMM Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang didukung oleh Rektor Muhammadiyah Pontianak dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dedi Haryanto SE MM.

Pesertanya adalah seluruh mahasiswa baru sebanyak 200 lebih yang mengambil di jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Muhammadiyah Pontianak. Masta diadakan pada masa-masa orientasi mahasiswa baru, dan biasa diselenggarakan selama satu hari.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023