Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang, Kalimantan Barat gencar melaksanakan sosialisasi pendidikan politik dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilihan umum (Pemilu) serentak Tahun 2024.

"Kami sampaikan pendidikan politik melibatkan berbagai pihak termasuk para tokoh masyarakat dengan tujuan agar Pemilu 2024 aman, damai dan sukses," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang Kusnidar, di Sintang, Kamis.

Disampaikan Kusnidar, sosialisasi pendidikan politik itu dilaksanakan di 14 kecamatan yang juga didampingi oleh Bawaslu Kabupaten Sintang.

Menurut dia, sasaran sosialisasi merupakan para tokoh masyarakat, tokoh agama dan sejumlah elemen masyarakat dengan harapan pendidikan politik itu disosialisasikan kembali kepada masyarakat luas.

Dikatakan Kusnidar, Pemilu 2024 itu penting sekali untuk kita sukseskan secara bersama-sama karena pemilu ini wadah bagi warga untuk menggunakan hak politiknya.

Selain itu, Pemilu juga menjamin pergantian kepemimpinan secara reguler dan damai, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat, mempertahankan kedaulatan rakyat dan tegaknya negara.

Dia pun menyebutkan indikator dari keberhasilan pemilu adalah berlangsung aman dan lancar sesuai aturan yang berlaku, tidak terjadi konflik yang dapat merusak persatuan bangsa terutama konflik kekerasan, partisipasi pemilih yang tinggi dan pemerintahan yang ada tetap berjalan lancar baik dipusat maupun di daerah.

"Kami mengajak masyarakat bergandengan tangan menjaga keamanan dan ketertiban serta kerukunan menghadapi pesta demokrasi," kata Kusnidar.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023