Kepolisian Resor (Polres) Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menyiapkan sekitar 564 personel dalam rangka persiapan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024.

"Kami juga sudah lakukan pemetaan kerawanan terutama untuk daerah rawan di perhuluan sungai Kapuas di Putussibau Selatan," kata Kapolres Kapuas Hulu AKBP Hendrawan, usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Kapuas 2023-2024, di Halaman Polres Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Hendrawan, secara keseluruhan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kapuas Hulu saat ini masih kondusif.

Meskipun demikian, pihaknya telah melakukan pemetaan kerawanan dengan melibatkan semua pihak terkait sebagai deteksi dini dan antisipasi untuk pengamanan pada Pemilu 2024.

Menurut dia, dalam pengamanan di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024 mendatang Polres Kapuas Hulu melakukan pola seperti pemetaan kurang rawan, rawan dan sangat rawan.

Hendrawan menyebutkan salah satu daerah sangat rawan yaitu di TPS yang berada di perhuluan sungai Kapuas di wilayah Kecamatan Putussibau Selatan.

Dia menjelaskan daerah itu sangat rawan karena kondisi geografis dan jarak tempuh sangat jauh dari pusat ibu kota kabupaten.

"Yang lainnya hanya faktor geografis saja. Namun untuk potensi konflik yang lainnya sudah kami lakukan poling sistem untuk menghadapi Pemilu 2024 mendatang," ucap Hendrawan.

Akan tetapi, kata Hendrawan tidak semua personil dilibatkan dalam pengamanan karena harus melihat juga kemampuan anggaran itu sendiri.

Selain itu, ada aturannya, dimana setiap tahapan ada sepertiga dalam penguatan personil.

Di sisi lain, untuk sarana prasarana, Polres Kapuas Hulu sudah menyiapkan dengan maksimal, sesuai dengan kebutuhan wilayah seperti geografis itu sendiri.

"Kami lebih mengutamakan kendaraan bermotor, karena faktor geografis di Kapuas Hulu, sedangkan untuk daerah sungai kami juga minta bantuan partisipasi semua pihak termasuk masyarakat dalam mewujudkan situasi yang kondusif," kata Hendrawan.

Diketahui, dalam apel gelar pasukan tersebut Polres Kapuas Hulu melibatkan sejumlah pihak seperti TNI, Sat Pol PP, Linmas dan sejumlah pihak terkait lainnya.


Baca juga: Anies cek kesehatan di RSUP Fatmawati untuk syarat daftar capres

Baca juga: Polri gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam rangka pengamanan pemilu

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023