Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat sudah menerima empat jenis logistik tahap pertama termasuk 4.966 kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu 2024.

"Tahap pertama ini masih ada logistik yang masih tahap pendistribusian seperti formulir, alat coblos, segel, stiker, tanda pengenal dan sejumlah logistik lainnya," kata Ketua KPU Kapuas Hulu Muhammad Yusuf, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Rabu malam.

Sedangkan empat jenis logistik yang sudah ada di gudang logistik KPU Kapuas Hulu diantaranya yaitu kabel ties, tinta, bilik suara dan kotak suara.

Disampaikan Yusuf, untuk tinta yang datang sesuai kebutuhan sebanyak 40 kotak dengan jumlah 1.968 botol tinta.

Kemudian, bilik suara sebanyak 3.936 buah, yang akan digunakan di 984 tempat pemungutan suara (tps) dan masing-masing Tempat pemungutan suara akan mendapatkan empat bilik suara.

Sedangkan untuk, kotak suara berjumlah 4.966 kotak yang juga sudah berada di gudang logistik dengan kondisi lengkap dan baik.

"Untuk kebutuhan kotak suara itu, nantinya lima kotak per satu tps ditambah lagi dua kota per kecamatan sebagai cadangan," jelas Yusuf.

Yusuf menyebutkan pendistribusian tahap kedua nantinya yang berkaitan dengan penetapan daftar calon tetap (dct), diantaranya seperti surat suara untuk lima pemilihan yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten dan Kota.

Selain itu, ada lagi daftar calon tetap yang akan di tempel di setiap tps dan formulir-formulir yang terkait dengan pemungutan dan penghitungan suara.

"Kami berterimakasih kepada semua pihak baik petugas pendistribusian sampai dengan petugas kepolisian yang telah mengawal dan mengamankan logistik pemilu," ucapnya.

Dia berharap setiap tahapan pemilu dapat berjalan aman dan lancar sesuai ketentuan sehingga Pemilu 2024 bisa dilaksanakan sukses, damai dan tertib serta berkualitas.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023