Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat Harisson menekankan optimalisasi pelayanan bagi pasien di setiap rumah sakit yang ada di provinsi tersebut, khususnya RSUD Soedarso sebagai rumah sakit Pemerintah Provinsi Kalbar.

"Harus diingat, secanggih apapun teknologi, pelayanan dengan senyum dan hati yang ikhlas kepada para pasien adalah hal yang paling penting," kata Pj Gubernur Kalbar Harrison saat menghadiri Hospital Expo 2023 di Gedung PCC di Pontianak, Selasa.

Ia mengatakan, kegiatan Hospital Expo tersebut pertama kali diselenggarakan di Kalbar. Berbagai teknologi dan alat-alat canggih yang ditampilkan adalah upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Kalbar khususnya pada masyarakat agar tidak perlu pergi ke rumah sakit luar negeri untuk memeriksakan kesehatan.

Kegiatan Hospital Expo 2023 yang diikuti oleh berbagai rumah sakit yang ada di Kalbar, menampilkan teknologi maupun alat-alat unggulan yang digunakan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada para pasien.

"RSUD khususnya di Kota Pontianak harus lebih meningkatkan teknologi pelayanan kesehatan serta pemenuhan kapasitas tempat tidur yang masih kurang terutama di RSUD Dr. Soedarso," katanya menegaskan.

Ia juga menjelaskan, ketersediaan obat untuk pasien BPJS juga masih menjadi kendala untuk saat ini yang disebabkan oleh kurangnya produksi obat di pasaran serta terdapat beberapa perusahaan yang malas-malasan memproduksi obat karena biayanya rendah.

Menurut Harisson, peran para petugas kesehatan yang harus selalu profesional dalam menjalankan tugasnya merupakan hal yang perlu diutamakan meskipun sudah terbantu dengan teknologi maupun alat-alat canggih tersebut.

"Pelayanan di RSUD Dr. Soedarso juga sudah jauh meningkat, tidak ada lagi perawatan yang berani cemberut dalam menjalankan tugasnya," katanya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi satu di antara inovasi terbaru yaitu aplikasi Si Peta yang dapat digunakan sebagai penunjuk arah untuk membantu pasien agar dapat sampai dengan cepat ke ruangan yang menjadi tujuan di rumah sakit.

"Harapannya Hospital Expo dapat terus dilaksanakan dan menampilkan teknologi maupun alat-alat medis terbaru yang dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada pasien," tuturnya.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (KN) ke-59 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 RSUD Dr. Soedarso.


 

Pewarta: Rendra Oxtora dan Petrus AB Kurnia

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023