Pemerintah Kota Pontianak terus menjaga ketahanan pangan rumah tangga dan satu di antaranya dengan menyalurkan bantuan beras yang menyasar 2.200 Kepala Keluarga (KK).

“Penyerahan bantuan pangan ini dalam rangka kepedulian Pemkot Pontianak kepada warga miskin serta menjaga ketahanan pangan rumah tangga dan daerah,” ujar Kepala Dinas Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DPPP) Kota Pontianak Bintoro di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan dari 2.200 KK sebagai penerima bantuan tersebut dibagi menjadi enam kecamatan dengan rincian sebagai Kecamatan Pontianak Selatan sebanyak 175 KK penerima, Pontianak Tenggara sebanyak 145 KK penerima, Pontianak Barat sebanyak 410 KK penerima, Pontianak Kota sebanyak 270 KK penerima, Pontianak Timur sebanyak 440 KK penerima dan Pontianak Utara dengan 760 KK penerima.

"Masing-masing KK menerima sepuluh kilogram beras. Mereka yang menerima adalah warga yang sudah terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) maupun Program Keluarga Harapan (PKH). Tujuan menyalurkan ke KPM maupun PKH agar penyaluran beras cadangan tepat sasaran," jelas dia.

Ia memaparkan bahwa bantuan pangan berupa beras juga sejalan dan menyesuaikan arahan Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, Peraturan Pemerintah Nomor 17 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi serta Peraturan Walikota Pontianak Nomor 73 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Cadangan Pangan Pemkot Pontianak.

“Semoga bermanfaat dan memberikan semangat kepada warga untuk terus produktif menjalani aktivitas,” jelas dia.

Untuk memastikan ketahanan dan harga pangan, sebelumnya Pemkot Pontianak sudah dan terus melakukan monitor di lapangan terkait ketersediaan stok pangan. Lewat Tim Satgas Ketahanan Pangan dan Tim Pengendali Inflasi Daerah akan berkoordinasi mencegah terjadinya lonjakan harga pangan, khususnya menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Warga tidak perlu khawatir, ketersediaan pangan dan cadangannya cukup untuk beberapa bulan ke depan,” tutupnya.jelas dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023