Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, H Farhan membuka kegiatan Khitanan Massal dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk kaum dhuafa dan anak yatim di aula Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang, kemarin. Kegiatan ini diselenggarakan Pengurus Masjid Agung Al-Ikhlas diawali dengan pelepasan pawai Mobil Odong-Odong yang membawa peserta khitanan massal.

“Saya berharap kegiatan ini dapat terlaksana secara berkelanjutan, jadi tahun yang lalu sudah dilaksanakan, tahun ini dilaksanakan kembali pasti juga menyesuaikan waktu anak-anak kita liburan sekolah,” ujar Wabup saat menyampaikan sambutannya.

Lebih lanjut, Wabup berpesan kepada pengurus Masjid Agung Al-Ikhlas untuk mendata kaum dhuafa dan anak-anak yatim sehingga kedepannya jika Masjid Agung Al-Ikhlas akan mengadakan kegiatan-kegiatan sosial lainnya dapat bermanfaat ke orang-orang yang tepat.

“Mudah-mudahan ke depan pada saat kegiatan-kegiatan lain pengurus masjid membuat kegiatan yang cerdas, maksudnya ketika mereka ini yang tergolong kurang mampu menjadi anak-anak yang berprestasi, maka kita harus berani memberikan beasiswa, bantuan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu ketua panitia dr. Juhendro, Sp.P.D. yang juga Kepala RSUD dr.Agoesdjam Ketapang menjelaskan, manfaat khitanan bisa mengurangi resiko penyakit seksual menular, mencegah terjadinya penyakit pada alat kelamin, mengurangi resiko terjadinya infeksi saluran kemih dan mengurangi resiko terjadinya kanker.

“Jumlah peserta khitanan yang sudah terdaftar 231 anak dengan target peserta 250 anak, jadi pendaftaran sampai saat ini masih kita terima hingga selesai nantinya kegiatan ini,” jelasnya.

Juhendro menerangkan, kegiatan ini didukung oleh dokter spesialis, dokter umum, perawat dan apoteker dengan keseluruhan tenaga medis dan tenaga kesehatan 73 orang.

“Semoga kegiatan ini meningkatkan rasa kepedulian, kasih sayang antar sesama dan membantu saudara-saudara kita yang tidak mampu untuk dapat melaksanakan khitanan dan dapat menanamkan pola hidup sehat terutama bagi anak laki-laki,” harapnya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan jajarannya serta seluruh sponsor dan pendukung pada kegiatan ini serta seluruh teman-teman panitia yang selalu semangat tanpa imbalan bekerja dengan baik dan selalu mengucapkan kalimat "Jangan Bosan Menjadi Orang Baik," lanjutnya.

Senada, Ketua Pengurus Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kolaborasi dengan pihak swasta dan pemerintah daerah Kabupaten Ketapang.

"Jadi kegiatan tidak mengganggu pengelola keuangan Masjid, kami berkolaborasi dengan pihak swasta dan pemerintah daerah," jelasnya.

Ketum Masjid Al-Ikhlas ini juga menjelaskan bahwa kegiatan Khitanan Massal seri ke-III ini merupakan program dari Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang di bidang Sosial.

"Selain itu, dalam bidang dakwah pengurus Masjid Agung juga telah mengadakan kajian-kajian rutin ba'da Maghrib dan kajian ba'da subuh setiap Minggu dengan nama kegiatan Ngobrol Perkara Iman (NGOPI)," pungkasnya.

Selanjutnya dalam kegiatan tersebut Wabup juga meninjau pelaksanaan khitanan massal didampingi Asisten Setda, Forkopimda, Instansi Vertikal dan lainnya.

Pewarta: Subandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023