Liburan pergantian tahun di Pantai Pulau Datok, di Sukadana Kabupaten Kayong Utara dipadati ribuan pengunjung dari berbagai daerah.

Pemerintah Kabupaten Kayong Utara melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) memperkirakan kunjungan liburan pergantian tahun mencapai 12 ribu orang ke Pantai Pulau Datok tersebut. 

"Tiket terjual 9.600, pengunjungnya bisa mencapai 12 ribu orang," kata Pejabat Fungsional Dispora Kayong Utara Edi Rudiyanto saat dihubungi di Sukadana, Senin.

Meskipun kunjungan Pantai Pulau Datok membeludak, ia memastikan keamanan dan ketertiban tetap terjaga dan terkendali dengan melibatkan beberapa OPD terkait dan petugas Kepolisian dan TNI.

"Kondisi aman dan lancar hari ini," katanya.

Salah satu pengunjung dari Kabupaten Ketapang Hendy mengatakan, Pantai Pulai Datok menjadi tempat wisata favoritnya saat liburan tiba karena pantai yang pernah menjadi tempat ajang Sail Selat Karimata 2016 ini memiliki keindahan dan keunikan yang jarang dimiliki oleh pantai yang lain.

"Disini banyak ditumbuhi pohon yang rindang, garis pantai yang cukup panjang dan pasir yang putih menjadi daya tarik utama," kata Hendy saat ditemui di Pantai Pulau Datok, Senin.

Selain itu juga menurutnya,  Pantai Pulau Datok cukup bersih dan dikelilingi bukit yang menjadi nilai tambah bagi pengunjung yang akan menghabiskan masa liburannya bersama keluarga.

"Disini juga kita bisa melihat sunset jika cuaca bagus, bermain ditepi pantai juga menarik bahkan disini ada penyewaan kano jika pengunjung yang senang bermain di atas air," katanya.

Selain itu juga, terdapat permainan di sekitar pantai seperti sepeda dan mobil listrik untuk menemani aktivitas warga di pantai yang terletak di pusat kota Sukadana Kayong Utara tersebut.

"Berbagai jenis jajanan juga tersedia banyak disini sehingga tidak perlu khawatir bagi pengunjung yang tidak membawa makanan," katanya.
Suasana di Pantai Pulau Datuk, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara saat libur pergantian tahun, Senin (1/1/2024). (ANTARA/Rizal MZ)

Pewarta: Rizal MZ

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024