Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat saat ini masih melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk Pemilu serentak 14 Februari 2024.

"Surat suara untuk pilpres dan DPD sudah kami terima saat ini masih proses sortir dan lipat oleh petugas yang kami tunjuk," kata Ketua KPU Kapuas Hulu Muhammad Yusuf, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Yusuf, untuk surat suara sudah semuanya diterima dan tersimpan di gudang logistik, hanya saja untuk surat suara DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten sudah selesai di sortir dan lipat, sedangkan surat suara presiden dan wakil presiden serta DPD belum selesai di sortir dan dilipat.

Menurut dia, untuk surat suara DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten yang sudah di sortir dan di lipat telah ditemukan kekurangan 5.750 lembar untuk pemilihan DPR RI dan DPRD kabupaten dan surat suara rusak sebanyak 133 lembar.

Dia mengatakan, total kebutuhan surat suara untuk Pemilu serentak di Kabupaten Kapuas Hulu sebanyak 599.029 lembar, belum termasuk jumlah surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan DPD.

Sedangkan, yang sudah diterima di gudang logistik KPU Kapuas Hulu sebanyak 593.844 lembar.

"Untuk surat suara pilpres dan DPD masih tahap pelipatan dan sortir, jadi belum bisa diketahui apakah ada yang kurang atau rusak," katanya.

Namun, jumlah surat suara presiden dan wakil presiden yang diterima sebanyak 100 kotak dengan isi 2.000 lembar per kotak dan untuk surat suara DPD sebanyak 397 kotak dengan isi 500 lembar per kotak.

"Proses sortir dan lipat sedang berlangsung, mudah-mudahan segera selesai dan selanjutnya kami akan mengusulkan surat suara yang rusak dan kurang agar segera digantikan," jelas Yusuf.

Terkait logistik pemilu yang saat ini belum diterima, kata Yusuf yaitu sampul dan formulir.


Baca juga: KPU Kapuas Hulu sosialisasi di media sosial tingkatkan partisipasi pemilih

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024