Arab Saudi akan menjadi tuan rumah dari pertemuan konsultatif kedua dan pertemuan sesi ke-44 Dewan Eksekutif Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Dunia Islam (Islamic World Educational, Scientific, and Cultural Organization/ICESCO).

Menurut keterangan tertulis ICESCO yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis, acara tersebut akan diselenggarakan pada 16 – 18 Januari di Jeddah, serta akan melibatkan partisipasi dari negara-negara anggota organisasi serta perwakilan dari negara-negara di kawasan dan organisasi dan badan internasional.

Disebutkan bahwa pertemuan konsultatif kedua ICESCO akan diselenggarakan sebelum pertemuan ke-44 Dewan Eksekutif dengan tema “Dari Kualitas Menuju Keunggulan: Strategi Baru ICESCO.”

Pertemuan konsultatif tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi prioritas dan kebutuhan negara-negara anggota dan menyusun rencana aksi dan program yang sesuai dengan prioritas dan kebutuhan tersebut.

Pertemuan tersebut akan mencakup presentasi mengenai tantangan dan peluang yang dihadapi dunia Islam, sesi brainstorming dan pembangkitan ide dengan beberapa tema, seperti “Inovasi dalam Strategi ICESCO”, “Dialog Antargenerasi”, dan “Peristiwa Besar Global Pengaruhi Negara Anggota.”

Sementara itu, Menteri Pendidikan Tinggi dan Penelitian Ilmiah Mesir Mohamed Ayman Ashour dan Presiden Konferensi Umum ICESCO Dawas Tayseer Dawas akan memberikan pidato dalam pertemuan Dewan Eksekutif ICESCO.

Agenda lain dari pertemuan Dewan Eksekutif ICESCO adalah penyerahan penghargaan untuk bidang literasi anak perempuan dan perempuan yang menjadi pemenang edisi tahun 2023.

Penghargaan tersebut diberikan kepada organisasi masyarakat sipil dan organisasi nonpemerintah yang berupaya meningkatkan literasi perempuan dan anak perempuan.

Acara tersebut juga akan menampilkan presentasi tentang Indikator Budaya untuk negara-negara dunia Islam, penandatanganan perjanjian antara ICESCO dengan beberapa organisasi dan lembaga internasional.

Selain itu, pertemuan Dewan Eksekutif juga akan meninjau laporan pencapaian dan kegiatan ICESCO tahun 2023, serta menentukan rencana aksi dan anggaran organisasi untuk tahun 2024-2025.

 


 

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024