Karoops Polda Kalbar Kombes Pol. Moch Noor Subchan mengatakan, Polda Kalbar mendukung sepenuhnya pengamanan dan pengawalan pergeseran logistik pemilu jenis surat suara ke kpu kabupaten dan kota di Wilayah Kalbar.

"Kapan saja diminta bantuan kami siap membatu dalam pelaksanaannya, seperti saat proses mendistribusikan logistik pemilu ke wilayah Provinsi Kalimantan Barat kita akan melakukan pengawalan agar berjalan lancar dan aman," kata Moch Noor Subchan di Pontianak, Jumat.

Menurutnya, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut tidak menutup kemungkinan ada potensi kerawanan dalam pendistribusian mau pun kendala teknis armada yang mengangkut logistik tersebut.

"Kepada anggota yang bertugas, laksanakan pengawalan surat suara yang bersifat nasional ini, tidak boleh ceroboh dan harus tetap waspada dalam perjalanan pengantaran surat Suara DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota untuk pemilu tahun 2024 jadi harus di kawal ketat selalu waspada akan kemungkinan yang akan terjadi selama perjalanan," katanya.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Kalbar Kombes Pol. Raden Petit Wijaya menyampaikan bahwa pengawalan dan pengamanan ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan surat, baik itu dari pelabuhan sampai ke gudang logistik KPU Kalbar, hingga didistribusikan ke daerah.

"Dalam kegiatan mengawal dan menjaga Logistik pemilu kita membantu pengawalan ketat, karena tidak menutup kemungkinan apabila tidak dijaga dan dikawal terjadi hal–hal yg tidak di inginkan bersama, misalnya tercecer adanya gangguan dari pihak lain dan sebagainya. Oleh sebab itu kita antisipasi dan dipastikan semua barang logistik pemilu tersebut akan kita kawal sampai tedistribusikan hingga ke daerah-daerah tujuan dengan aman," tuturnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Ketua KPU Kalbar MS Budi mengatakan pihaknya telah mulai melakukan pengiriman surat suara DPD dan PPWP Pemilu Tahun 2024 sejak awal Desember 2023 lalu yang di mulai dengan pendistribusian surat suara DPD dan Pilpres.

Secara keseluruhan untuk logistik Pemilu, kata Budi sudah di kirim dan mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian, bagi mulai dari proses bongkar muat, pemindahan ke gudang logistik, hingga pendistribusian di tingkat kabupaten/kota dan tps nantinya.

Budi optimistis bahwa proses distribusi surat suara ini akan berjalan lancar, menjaga kredibilitas dan keamanan Pemilu 2024.

Dirinya juga menegaskan komitmen untuk memastikan kelancaran distribusi surat suara Pemilu 2024. Seiring dengan pengiriman surat suara ke berbagai kabupaten di Kalbar, langkah-langkah pengawalan telah diterapkan.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024