Mantan Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar), Muda Mahendrawan meminta Penjabat (Pj) Bupati yang baru dilantik fokus pada penyerapan anggaran demi memperkuat capaian yang ditinggalkannya untuk kabupaten itu.
 
"Jadi pesan saya adalah fokus, karena inikan memang tuntutan. Fokus pada hal-hal yang sudah ada dan diperkuat untuk layanan kepada masyarakat, termasuk serapan anggaran, jangan sampai turun," katanya usai menghadiri kegiatan pelantikan Pj Bupati Kubu Raya dan Pj Bupati Sanggau di kantor Gubernur Kalbar, Senin.
 
Muda menuturkan Kubu Raya setiap tahun berhasil menyerap anggaran rata-rata 96 persen. Baginya serapan anggaran sangat penting karena dampaknya langsung dapat memperkuat ekonomi dan memperkuat Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
 
Ia menuturkan strategi Kepong Bakol menjadikan serapan anggaran berjalan cepat.

Menurut Muda, sebuah pemerintahan yang dapat merencanakan kebijakan dengan tepat dan efektif serta kinerja yang didampingi ego sektoral yang bagus dapat membuat serapan anggaran lebih cepat.
 
"Serapan anggaran memiliki peranan yang paling penting dikarenakan hasilnya menjadi potret utama Kubu Raya. Sehingga kita harus fokus di situ, artinya melihat pada dampak ketika dia berdampak maka dia akan menaikkan semua indikator," tuturnya.
 
Indikator tersebut ialah usia harapan hidup, rata-rata lama sekolah, dan juga indikator kemiskinan, sehingga jika semua berpusat kepada indikator tersebut ditambah dengan intervensi yang tepat sasaran, maka usaha tidak akan mengkhianati hasil.
 
Selama lima tahun masa jabatannya, Kubu Raya dapat mencapai IPM tertinggi di seluruh Kalbar pada tahun lalu, dengan skor 68,91 dan saat ini sudah masuk empat besar dengan kategori IPM tinggi bersama Pontianak, Singkawang, dan Sambas.
 
Menurutnya, tidak ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dapat bekerja sendiri, semuanya saling berhubungan dan saling menopang.
 
"Jadi saya kira hal hal ini lah yang perlu menjadi fokus," kata Muda.
 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024