Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, tahun ini memprioritaskan pembangunan penerangan jalan umum (PJU) di tiga kecamatan salah satunya di sekitaran ibu kota kabupaten di Kecamatan Putussibau Utara dengan total anggaran kurang lebih Rp2 miliar.

"Penerangan jalan umum masih menjadi perhatian serius kami salah satunya untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan di malam hari, baik dalam kota maupun di beberapa kecamatan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kapuas Hulu Serli, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa.

Serli mengatakan sasaran pembangunan JPU yaitu di sejumlah jalan di Kecamatan Putussibau Utara, Boyan Tanjung dan Kecamatan Kalis.

Menurutnya, saat ini ada beberapa titik khususnya di pusat kota di Putussibau masih gelap pada malam hari.

Tentu saja kondisi tersebut rawan terjadi kejahatan di jalanan, sehingga perlu menjadi perhatian dengan tujuan pengendara atau penggunaan jalan merasa aman dan nyaman.

Pelaksanaan pembangunan prioritas tersebut, kata Serli berdasarkan Keputusan Bupati Kapuas Hulu nomor 40 Tahun 2024 Tentang proyek strategis daerah untuk pemenuhan standar pelayanan minimal daerah Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2024.

Selain, pembangunan PJU, Dinas Perhubungan Kapuas Hulu juga akan melakukan rehabilitasi armada apung Putussibau Utara.

"Jadi untuk prioritas kam tahun ini pembangunan PJU dan rehabilitasi armada apung," ucap Serli.

Sedangkan, kegiatan rutinitas tahunan kata Serli, yaitu pengecekan kelayakan kendaraan penumpang menjelang Idul Fitri 2024, pelaksanaan uji berkala kendaraan penumpang umum dan kendaraan baran yang sedang dipersiapkan.

Kemudian, pemutahiran perjanjian kerja sama atau MoU antara pemerintah daerah dengan BPSDM Perhubungan Kementerian Perhubungan dan dengan Politeknik transportasi darat Indonesia sekolah tinggi transportasi darat (PTDI-STTD) Bekasi.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024