Bupati Sambas, Kalimantan Barat, Satono mengatakan pihaknya mulai dari pemerintah kabupaten hingga desa memberikan perhatian bersama melakukan percepatan peningkatan rata-rata lama sekolah untuk mewujudkan SDM unggul.

"Untuk percepatan peningkatan rata-rata lama telah dibahas bersama camat dan kepala desa. Persepsi, langkah dan komitmen dibangun untuk meningkatkan hal tersebut agar sumber daya manusia (SDM) Kabupaten Sambas terunggul di Provinsi Kalimantan Barat," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Minggu.

Berdasarkan data 2021 rata-rata lama sekolah di Kabupaten Sambas berada di angka 6,95 tahun, sehingga menjadi tantangan bagi pemerintah daerah untuk memacu dan meningkatkan rata-rata lama sekolah.

"Mari bersama kita mendorong membangun peradaban Sambas yang unggul dan maju untuk menjadikan Kabupaten Sambas berdaya saing," katanya.

Satono mengatakan berdasarkan laporan BPS Kabupaten Sambas pada 2023, terjadi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Sambas.

Ia menyebutkan dari tiga indikator penentu IPM Sambas, di antaranya bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi sehingga IPM Sambas terbaik nomor satu tingkat kabupaten di Kalbar

"Pada tahun 2023 membuat IPM kita naik, misalnya di bidang kesehatan angka harapan hidup di Kabupaten Sambas dari angka 69 tahun naik menjadi 73 tahun," katanya
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024