Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua meminta Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Masyarakat (TP PKK) setempat mampu mewujudkan keluarga yang mandiri dan sejahtera sesuai potensi sumber daya manusia yang dimiliki masing-masing keluarga.

"Untuk itu diharapkan agar TP PKK terus meningkatkan kolaborasi bersama pemerintah daerah untuk bersama-sama mengatasi permasalahan yang ada salah satunya stunting," kata Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi saat menutup rapat konsultasi TP PKK di Jayapura, Jumat.

Menurut Awi, pihaknya juga berharap agar TP PKK Kota Jayapura dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah merealisasikan visi dan misi Kota Jayapura yakni mewujudkan kota yang beriman, bersatu, mandiri dan sejahtera.

Dia menjelaskan rancangan besar TP PKK Kota Jayapura pada 2021-2024 adalah menciptakan gerakan nasional keluarga pelopor perubahan melalui pembinaan karakter, pendidikan dan peningkatan ekonomi serta kesehatan.

"Dengan demikian kami minta supaya tujuan utama PKK ialah meningkatkan kesejahteraan keluarga," ujarnya.

Ketua TP PKK Kota Jayapura Maria Yuvita G. Pekey mengatakan sebagai mitra pemerintah daerah pihaknya juga akan menggandeng BUMN dan BUMD dalam mewujudkan 10 program pokok PKK.

Dia menambahkan 10 program PKK di buat dalam empat skala prioritas yakni pembinaan karakter keluarga, pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga, penguatan ketahanan keluarga dan kesehatan keluarga.

"Dalam rapat konsultasi ini kami sudah menyusun program sesuai dengan kondisi nyata di masing-masing wilayah kerja baik tingkat distrik maupun kampung," katanya.

Dengan demikian pihaknya berharap kedepannya ada dukungan dari pemerintah daerah tetapi juga pihak BUMN/BUMD untuk bergerak bersama mengisi pembangunan di Kota Jayapura.

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024