Kepala Bidang Penaiszawa Kementerian Agama Kalimantan Barat, Rohadi menyatakan pihaknya berkomitmen untuk menyukseskan kegiatan Festival Ramadhan 2024 yang digagas Kemenag RI.

"Kami komitmennya untuk menyukseskan kegiatan Festival Ramadan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 22 Maret 2024 mendatang. Saat ini kami sudah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaannya di Kalbar," kata Rohadi di Pontianak, Jumat,

Dia mengatakan, untuk di Kalimantan Barat, kegiatan ini akan dipusatkan di Kampung Caping Pontianak.

Menurut dia, dipilihnya lokasi tersebut karena selain sebagai salah satu destinasi wisata di Pontianak, juga karena merupakan salah satu kawasan yang memiliki keberagaman sosial dan budaya yang kaya, serta memiliki komunitas yang aktif dalam kegiatan keagamaan dan sosial.

"Lokasinya yang strategis dan mudah diakses juga menjadi pertimbangan dalam pemilihan tempat ini," katanya.

Melalui kegiatan Festival Ramadan di Kampung Caping, diharapkan dapat tercipta atmosfer kebersamaan dan kegotongroyongan dalam menyemarakkan bulan suci Ramadan.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi sarana untuk memperkuat solidaritas antarwarga dan meningkatkan rasa kebersamaan dalam menjalankan ibadah.

Rohadi menegaskan bahwa untuk memastikan keberhasilan acara ini, pihaknya telah menggelar rapat panitia yang melibatkan berbagai pihak terkait.

Hadir dalam rapat tersebut adalah Ketua dan Anggota Forum Zakat (FOZ), yang terdiri dari LAZNAS Baitulmaal Munzalan Indonesia, BAZNAS Provinsi Kalimantan Barat, Rumah Zakat, LAZISMU, BMH, Dewan Dakwah, LAZISNU, Yakesma, LAZ Sidogiri, dan Dompet Umat.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program nasional dan akan dilaksanakan secara serentak selama bulan Ramadan. Program yang diinisiasi oleh Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI ini bertujuan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang kurang mampu. Acara tersebut akan dihadiri dan dipimpin langsung oleh Menteri Agama RI.

"Dengan digelarnya Festival Ramadan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat, terutama mereka yang membutuhkan, serta memperkuat ikatan sosial dan keagamaan di seluruh Indonesia menjelang bulan suci Ramadan. Untuk itu, kami mengajak masyarakat Muslim untuk bersama-sama menghadiri dan menyukseskan kegiatan ini," katanya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024