Prajurit TNI Satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) bersama pelajar di Sajingan Kecamatan Sajingan Besar perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat menanam pohon dalam rangka memperingati hari bumi.

"Penanaman pohon itu untuk mengajak generasi muda untuk turut serta melestarikan ekosistem alam," kata Komandan Kompi (Danki) Yonarmed 16/TK Koki Sajingan Kapten Arm Arif Ridwan Adhiguna di Sajingan Sambas, Senin.

Ridwan menjelaskan, penanaman pohon tersebut dilakukan secara simbolis di sekitaran Taman Pasar Wisata kawasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari bumi sedunia atau Internasional earth day yang dikoordinasikan oleh Messenger of peace Kalimantan Barat dan Sarawak Malaysia dengan tema "Pentingnya mitigasi banjir bandang untuk generasi muda".

Ridwan berharap melalui kegiatan tersebut generasi muda dapat memahami fenomena global warming, perubahan iklim, serta mampu melakukan tindakan mitigasi bencana alam secara tepat dan tepat.

Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Sajingan Besar Muhammad Sandy mengatakan, kegiatan penanaman pohon itu merupakan kegiatan positif untuk menanamkan kesadaran dalam pelestarian lingkungan sejak usia dini.

Ia berharap sejak usia dini generasi penerus bangsa dapat berperan menjaga alam dan lingkungan untuk ekosistem yang baik kedepannya.

"Kami berterima kasih atas dukungan pihak TNI, sehingga penanaman pohon dapat terlaksana sebagai upaya menanamkan kesadaran generasi muda untuk peduli dan menjaga kelestarian alam," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024