Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kalimantan Barat menyeleksi 64 penari dari seluruh kabupaten/kota untuk menampilkan Tari Kolosal pada perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara, 17 Agustus 2024 mendatang.

"Dengan terpilihnya Kalimantan Barat untuk menampilkan Tari Kolosal pada perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara, makanya kita melakukan seleksi untuk menentukan tim tari yang akan tampil di momen bersejarah tersebut," kata Kadisporapar Kalbar Windy Prihastari di Pontianak, Sabtu.

Windy menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara, dewan juri, pelatih, dan semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut.

"Ia juga menyampaikan harapannya agar semua pihak terus bekerja sama dalam upaya meningkatkan sektor Ekonomi Kreatif di Provinsi Kalimantan Barat. Saya berpesan kepada peserta terpilih untuk memberikan penampilan terbaik pada acara tersebut, sementara kepada yang belum terpilih, tetaplah berusaha yang terbaik," katanya.

Dia menjelaskan, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia akan menggelar rangkaian acara di Ibu Kota Nusantara (IKN), menandai komitmen bersama untuk memperingati momen penting ini dengan kemegahan.

Pemerintah Pusat terus berupaya mendorong partisipasi dari semua pihak untuk merayakan bulan kemerdekaan Indonesia di ibu kota baru, yang akan menjadi panggung kebanggaan bangsa di tingkat internasional.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat juga turut serta dalam merayakan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah penampilan Tarian Kolosal.

Keberagaman seni dan budaya yang luar biasa menjadi kekayaan Kalimantan Barat. Seni Tari menjadi salah satu aspek penting dalam ekonomi kreatif, dengan Kalimantan Barat memiliki identitas dengan tagline "Rimba & Budaya", menjanjikan kekayaan alam dan budaya yang autentik kepada dunia.

"Kalimantan Barat memiliki kebahagiaan tersendiri karena dapat berkontribusi dalam perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara. Seni Tari telah mendapat perhatian luas dari berbagai kalangan dan selalu menjadi bagian penting dalam berbagai kegiatan, baik di tingkat pemerintahan maupun non-pemerintahan," katanya.

Dia berharap, seleksi tim tari yang dilakukan pihaknya mampu menghasilkan tim tari terbaik, agar bisa menyuguhkan tarian kolosal yang spektakuler pada momen perayaan HUT ke-79 RI tahun 2024 tersebut.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024