Penjabat Bupati Puncak Jaya Tumiran menyebut peningkatan akreditasi Puskesmas Mulia merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

“Jadi, tujuan akreditasi agar Puskesmas Mulia mempunyai pelayanan kesehatan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan,” katanya dalam siaran pers di Jayapura, Minggu.
 

Menurut Tumiran, Puskesmas Mulia yang berada di jalan poros Yambi merupakan perpindahan dari jalan Ampera, karena mencari tempat yang representatif agar masyarakat bisa lebih nyaman saat berobat.

“Karena perpindahan lokasi, masyarakat yang datang masih sedikit jika dibandingkan dengan tempat sebelumnya,” katanya.

Dia menjelaskan dengan perpindahan puskesmas tersebut diharapkan masyarakat akan semakin mudah dalam menjangkau fasilitas kesehatan tingkat pertama, apalagi kawasan tersebut berpotensi untuk pengembangan pemukiman baru di area bawah.

“Karena itu, setelah dilakukan akreditasi, terjadi juga peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan, dengan begitu masyarakat mau berkunjung ke puskesmas,” katanya.

Dia berpesan kepada Puskesmas Mulia untuk proaktif mengikuti proses sesuai standar yang ada.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Mulia, Miftakhul Huda mengatakan pihaknya berharap masyarakat terus mendukung peningkatan pelayanan kesehatan. Dengan begitu peran puskesmas bukan sebagai tempat berobat saat sakit, tetapi memiliki program kesehatan guna pencegahan dan pemeliharaan kesehatan masyarakat seperti pola hidup sehat dan sebagainya.
 

“Kami berharap masyarakat juga ikut bersama-sama menjaga dan melindungi proses pelayanan kesehatan yang ada,” katanya.

Sebelumnya telah dilakukan survei akreditasi pada Puskesmas Mulia yang bertempat di Distrik Muara, Kabupaten Puncak Jaya pada, Kamis (23/5).

Pewarta: Qadri Pratiwi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024