Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sambas, Kalimantan Barat Irawati mengarahkan panitia pemungutan suara (PPS) untuk membangun koordinasi dengan pemerintah desa masing-masing untuk menyukseskan Pilkada 2024.

"Terdapat 195 PPS di Kabupaten Sambas di mana setiap PPS terdapat tiga anggota. Kita minta mereka segera membangun koordinasi dengan pemdes setempat untuk menyukseskan Pilkada 2024," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Senin.

Ia juga berpesan agar setiap anggota PPS dapat melaksanakan tugas dengan baik serta mentaati fakta integritas yang telah dibacakan di antaranya membantu KPU dalam menyukseskan semua tahapan pilkada tahun 2024.

"Tidak kalah penting PPS harus bisa menjaga kebersamaan internal dan membangun komunikasi yang baik dengan para pihak di tingkat desa karena kesuksesan pilkada tidak bisa di raih tanpa bantuan para pihak di antaranya pemerintah desa," ucap dia.

Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada 2024. Pihaknya berkomitmen menjalan tugas sesuai aturan yang berlaku.

"Mari kita sukseskan Pilkada Serentak 2024. Dukungan dan peran aktif semua pihak sangat dibutuhkan. Sehingga Pilkada ini berjalan lancar, aman dan partisipasi masyarakat tinggi," ajak dia.

Sementara itu Kepala Kasbangpolinmas Sambas, Edi mengatakan tugas bersama termasuk anggota PPS meningkatkan partisipasi pemilih agar legitimasi hasil pilkada juga kuat.

"Kami juga menjaga semua pihak terus menjaga agar kondisi keamanan tetap terjaga, Pilkada damai dan partisipasi tinggi," pesan dia.

Untuk meningkatkan kapasitas PPS, KPU Sambas setelah melantik PPS melakukan bimbingan teknis terkait kode etik, tata kerja badan ad hoc, tahapan dan kelembagaan.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024