Direktur Bank Kalbar, Rokidi mengatakan bahwa pihaknya terus gencar memberikan edukasi dan mengenalkan produk keuangan seperti tabungan siswa di kegiatan Global Education Fair 2024 yang berlangsung di PCC, 12-13 Juni 2024.

"Kegiatan Global Education Fair 2024 yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Malaysia ini menjadi momen peting bagi kami mengenalkan produk keuangan Bank Kalbar," ujarnya di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa untuk anak-anak sekolah produk keuangan Bank Kalbar yakni tabungan siswa dan tabungan bekal.

"Tabungan siswa itu khusus untuk pelajar yang SD dan SMP dan tidak difasilitasi ATM. Kalau untuk SMA dan kuliah itu kita arahkan ke tabunganku, tabunganku bisa dikasi ATM dan dia bebas administrasi," katanya.

Ia juga menambahkan bahwa ada juga tabungan umum dan tabungan yang dibuka khusus untuk keperluan kuliah.

"Kalau tabungan bekal tidak hanya untuk anak sekolah tapi bisa juga untuk pekerja. Misalnya gajian tanggal 1 jadi setiap tanggal 3 misalnya dipotong 1 juta dimasukkan ke tabungan bekal dan jangka waktunya bebas misalnya dalam jangka 6 bulan atau 12 bulan, kalau 12 bulan berarti nanti dapatnya 12 juta," katanya.

Ia mengatakan selain untuk pelajar, juga ditawarkan untuk orang dewasa

"Kalau misalnya ada guru atau yang lain-lain kita menawarkan kredit juga. Kita tawarkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) program pemerintah yang 6 persen per tahun, nah kita jelaskan tentang itu," katanya.

Menurutnya terkait KUR, untuk kredit di bawah 100 juta tidak ada jaminan tapi pihak bank juga harus selektif memilih nasabah.

"Rp100 juta ke atas baru pakai jaminan seperti sertifikat rumah dan karena KUR ini dari pemerintah jadi tidak ada finalti. Sewaktu-waktu ada rezeki lebih dan mau tutup kredit itu tidak ada finalti sama sekali," katanya.

Pada momen Global Education Fair 2024 Bank Kalbar juga memberikan edukasi cara untuk cara aktifkan mobile banking bagi yang memiliki ATM dan belum memiliki mobil banking.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024