Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat menyalurkan sedikitnya 298 ekor hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M yang tersebar pada 42 titik di daerah tersebut.

"Ada juga titik-titik lain yang menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti untuk desa dan daerah terpencil serta di daerah perbatasan Indonesia dan Malaysia," kata Ketua PHBI Kabupaten Sintang Abdurrani di Sintang Kalimantan Barat, Senin.

Abdurrani menjelaskan, dari 298 ekor hewan kurban tersebut terdiri atas 218 ekor sapi dan 80 ekor kambing, yang semuanya sudah dianggap sehat dan kayak untuk dikonsumsi.

Ia berharap dengan ratusan ekor hewan kurban tersebut dapat mendatangkan manfaat dalam suka cita perayaan Idul Adha.

"Dengan adanya hewan kurban itu, diharapkan semua umat Muslim dapat merasakan kegembiraan Idul Adha dengan memperoleh daging kurban yang layak konsumsi," kata Abdurrani.

Abdurrani juga berharap agar pembagian daging kurban dilaksanakan sesuai ajaran Islam serta saat pembagian daging kurban tepat sasaran.

"Semoga semua yang kita laksanakan mendatangkan keridhaan dan keberkahan, terlebih lagi bagi umat Muslim yang sudah menyerahkan dengan ikhlas hewan kurban untuk kepentingan umat," katanya.

Pantauan ANTARA, sejumlah umat Muslim penuh suka cita saat melakukan penyembelihan serta pemotongan hewan kurban, yang dilaksanakan di sejumlah masjid dan lokasi yang telah ditentukan.

Muhammad Ade salah satu umat Muslim yang turut serta dalam penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban mengaku sangat senang menjalankan tugas mulia pada Hari Raya Idul Adha.

Ia bersama sejumlah umat Muslim lainnya yang turut serta dalam pemotongan hewan kurban telah menyiapkan pembagian daging kurban berdasarkan data yang sudah disiapkan terutama untuk warga tidak mampu, yatim piatu, dan kaum dhuafa.

"Kami laksanakan penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban sesuai ajaran islam, semoga semua diberkahi dan mendapatkan ridha dari Allah," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024