Sebagian umat Islam di Kota Jayapura, Papua, melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 H di halaman Kantor Otonom Kotaraja, Distrik Abepura, Senin.

Ketua Panitia Shalat Idul Adha Sudarmo di Jayapura, Senin, mengatakan jamaah yang mengikuti Shalat Idul Adha 2024 di Kantor Otonom Kotaraja berasal dari berbagai masjid di sekitar wilayah tersebut.

"Kami harap melalui momentum Hari Raya Idul Adha 1445 H kebersamaan antarumat beragama di Kota Jayapura semakin bertumbuh menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan," katanya.

Menurut Sudarmo, selain itu perayaan Idul Adha dapat membangun hubungan yang baik antar umat beragama.

Dia menjelaskan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua yang telah memberikan ruang bagi umat Islam di daerah itu untuk melaksanakan salat Idul Adha di Kantor Otonom Kotaraja.

Shalat Idul Adha berlangsung pada pukul 06.00 WIT yang dipimpin oleh Ustad Yusroni tersebut berlangsung dengan khidmat.

Dalam khutbahnya Ustad Yusroni mengatakan perayaan Idul Adha merupakan wadah untuk memperkuat kerukunan ukhuwah Islamiah sehingga umat bisa hidup berdampingan dengan rukun.

"Cara untuk mewujudkan ukhuwah Islamiah saling mengenal, memahami kelemahan dan kekurangan masing-masing orang," katanya.

Kemudian, kata dia, saling tolong-menolong untuk menciptakan kerja sama yang baik serta saling memberikan rasa aman sesama umat Islam di Kota Jayapura.*

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024