PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menargetkan pembiayaan perumahan dapat tumbuh double digit secara tahunan (year-on-year/yoy) pada tahun ini.

Kinerja pembiayaan perumahan di BRI per April, catat perseroan, telah tumbuh 15 persen yoy. Perseroan optimistis prospek pembiayaan perumahan masih besar, terutama melalui program KPR Green Financing yang ditawarkan BRI.
 
“Jadi cukup optimistis, pertumbuhannya masih positif di masa mendatang,” kata Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Sebagai informasi, kredit kepemilikan rumah (KPR) Green Financing diluncurkan BRI pada 2021. Menurut perseroan, program ini juga mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG) dan kepedulian terhadap pemeliharaan lingkungan, khususnya terkait dengan energi terbarukan.

“Keterlibatan perbankan dalam penerapan green development sangat penting terutama dalam hal pembiayaan proyek pembangunan berkelanjutan yang mengusung green concept,” kata Handayani.

Menurut dia, rumah yang ramah lingkungan ini menjadi salah satu alternatif untuk bertempat tinggal. Adapun KPR hijau sendiri mencakup beberapa aspek yang diperhatikan mulai dari infrastruktur, material yang digunakan, pengelolaan sampah, hingga kesehatan.

Penawaran KPR hijau dari BRI didukung oleh beragam promo menarik, misalnya bunga yang lebih rendah, DP 0 persen, dan tenornya diperpanjang.

Hal tersebut diharapkan menarik minat bagi developer untuk juga bekerja sama dengan BRI untuk membuat bangunan ramah lingkungan yang pada akhirnya memberikan impact kepada perbaikan lingkungan.

Handayani memandang, pembiayaan hijau atau green financing semakin dibutuhkan pada masa mendatang, seiring dengan tuntutan keberlanjutan lingkungan di berbagai sektor, termasuk keuangan. Meski menjadi sebuah kebutuhan, namun saat ini green financing ataupun green investment belum menjadi tren yang masif.

Perseroan menyampaikan bahwa selama ini BRI telah mengedukasi perlunya rumah sehat yang berwawasan lingkungan agar kehidupan penghuni di dalamnya semakin berkualitas.

Tak hanya itu, BRI juga beberapa kali mengadakan program untuk mengedepankan pentingnya green building seperti talkshow Milenial Cuan, Mini Property Expo Goes to Developer, dan website resmi untuk memperoleh KPR Green Financing melalui Homespot.id.

 

Pewarta: Rizka Khaerunnisa

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024