Pemerintah Jerman berencana membeli lebih dari 100 tank tempur Leopard, menurut laporan media pada Kamis.

Pemerintah telah memberi tahu komite anggaran parlemen mengenai rencananya untuk membeli hingga 105 tank tempur Leopard 2 (versi A8), menurut laporan majalah mingguan Der Spiegel.

Menurut majalah itu, pengadaan yang direncanakan itu akan membebani pembayar pajak hampir 2,93 miliar euro (sekitar 51,6 triliun rupiah), dan pengiriman tank kepada angkatan bersenjatanya akan selesai pada 2030.

Pengadaan baru tersebut akan memungkinkan angkatan bersenjata Jerman (Bundeswehr) untuk memodernisasi armada tanknya yang sudah tua, dan memastikan bahwa brigade tempurnya di Lithuania akan dilengkapi dengan tank terbaik, kata majalah itu.

Sebanyak 35 tank tempur Leopard 2 baru akan ditempatkan di Lithuania, sebagai bagian dari pengerahan brigade Jerman, menurut beberapa sumber pertahanan.

Jerman memutuskan untuk meningkatkan belanja pertahanan secara masif setelah perang Ukraina, dan menyiapkan dana khusus sebesar 100 miliar euro (sekitar Rp1,76 kuadriliun) untuk membeli sistem persenjataan canggih dan memodernisasi angkatan bersenjatanya.

Sebagai bagian dari rencana tersebut, pemerintah Jerman sudah menyelesaikan beberapa kontrak, termasuk pembelian jet tempur siluman F-35 buatan AS, dan sistem pertahanan rudal Arrow-3 Israel.

Sumber: Anadolu


 

Pewarta: Katriana

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024