Desa Podorukun, Kecamatan Seponti, Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat meraih juara satu  lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi dan akan mewakili Kalimantan Barat untuk  mengikuti lomba tingkat nasional.

"Prestasi ini berkat dukungan seluruh pihak terutama pemerintah daerah kabupaten yang mendampingi tim pada saat klarifikasi dan ini berkat kerja keras Pemerintahan Desa Podorukun dalam mempersiapkan lomba desa dan kelurahan," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (SP3APMD) Kayong Utara, Nendar, Selasa.

Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan pada acara puncak pemaparan kepala desa dan lurah bertempat di Balai Petitih, Kota Pontianak,  pada 20 Juni 2024.

Ia pun berpesan kepada pemerintah Desa Podorukun agar mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat nasional.

Selanjutnya, ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak baik dari kecamatan, TP-PKK kecamatan, TP-PKK kabupaten hingga OPD yang telah melakukan pendampingan dari persiapan hingga penilaian lomba desa. 

Lebih lanjut, Nendar berpesan kepada Kades Podorukun agar mempersiapkan diri dalam mengikuti lomba desa ke tingkat nasional. 

Kepala Bidang Pemerintah Desa Dinas SP3APMD Kabupaten Kayong Utara, Irwan menjelaskan lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2024 dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2024 dengan tema "Wujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa dan Kelurahan Yang Berkualitas".

Ia mengatakan ketentuan lomba, persyaratan dan mekanisme lomba mempedomani petunjuk pelaksanaan lomba desa dan kelurahan tahun 2024 yang dikeluarkan oleh kemendagri.

Indikator penilaian lomba desa ini mulai dari aspek penyelenggaraan pemerintahan desa, tata keuangan desa, pelayanan kesehatan, hingga inovasi serta produk unggulan terhadap penyelenggaraan. 

"Pembinaan sudah kita laksanakan dari awal tahun 2023,dimulai dari proses evaluasi mandiri melalui aplikasi EPDESKEL, pengisian data di aplikasi profil desa, sampai ke tahapan saat ini," katanya.

Ia berharap, Desa Podorukun dapat memberikan hasil yang maksimal untuk Provinsi Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Kayong Utara pada ajang lomba desa tingkat nasional tahun ini.


Baca juga: Harisson minta kades berinovasi dalam pemerintahan

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024