Satgas Pengamanan Pebatasan Indonesia-Malaysia, Yonkav 12/BC mengintensifkan operasi sweeping di perbatasan pada malam hari sebagai upaya memperketat keamanan dan mencegah masuknya narkoba serta barang-barang ilegal lainnya ke Kalimantan Barat.

"Operasi ini dilakukan di jalan lintas depan Pos Balai Karangan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, khususnya pada malam hari. Sweeping malam hari ini bertujuan untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba dan barang-barang ilegal lainnya yang sering terjadi saat situasi gelap dan sepi," kata Dansatgas Pamtas Yonkav 12/BC, Letkol Kav Andy Setio Untoro di Pontianak, Selasa.

Dia menjelaskan, operasi sweeping malam ini kami lakukan untuk mencegah penyelundupan narkoba, minuman keras, senjata tajam, senjata api, serta barang-barang ilegal lainnya yang memanfaatkan kegelapan malam.

Letkol Andy menekankan bahwa peredaran narkoba menjadi salah satu fokus utama dalam operasi ini. Narkoba yang masuk ke wilayah Kalimantan Barat melalui jalur perbatasan bisa merusak generasi muda dan mengancam keamanan masyarakat.

"Kami berkomitmen untuk menutup semua celah yang bisa dimanfaatkan oleh penyelundup narkoba. Setiap upaya penyelundupan akan kami tindak tegas tanpa toleransi," katanya.

Menurutnya, Patroli rutin yang dilakukan baik siang maupun malam oleh Satgas Pamtas RI-MLY Yonkav 12/BC diharapkan dapat meminimalkan berbagai tindakan ilegal di wilayah perbatasan.

"Kami tidak akan mentolerir tindakan ilegal sekecil apapun dan berkomitmen untuk menegakkan aturan di wilayah perbatasan ini," tambah Letkol Andy.

Lettu Kav Akbar Gayuh Hutama, Danki SSK III Pos Koki Balai Karangan Satgas Pamtas Yonkav 12/BC, juga menyampaikan hal serupa. Menurutnya, sweeping rutin oleh personel Pos Koki Balai Karangan merupakan langkah antisipatif untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk masuknya narkoba.

Selain operasi sweeping, Satgas Pamtas RI-MLY Yonkav 12/BC juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam melaporkan setiap aktivitas mencurigakan yang berpotensi sebagai upaya penyelundupan narkoba atau barang ilegal lainnya.

"Kerja sama dengan masyarakat sangat penting untuk memperkuat pengawasan di perbatasan," katanya.

Dengan intensifikasi sweeping dan patroli rutin, diharapkan upaya penyelundupan narkoba dan barang-barang ilegal lainnya dapat dicegah, sehingga keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan Kalimantan Barat tetap terjaga.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024