Sebanyak 81 peserta haji asal Kalimantan Barat (Kalbar) yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 16 menjadi rombongan pertama yang tiba di Kota Pontianak setelah menunaikan ibadah haji di Makkah.

"Kedatangan 181 orang haji asal Kalimantan Barat ini mengikuti penerbangan pertama Kloter 16. Alhamdulillah, saudara kita ini tiba di Pontianak dengan selamat," kata Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar Harisson saat menyambut jamaah haji yang berasal dari Kabupaten Landak, Kabupaten Sambas, dan Kabupaten Bengkayang, di Bandara Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Rabu.

Pesawat Sriwijaya Air yang membawa rombongan jamaah haji tersebut mendarat pada pukul 10.45 WIB. Harisson menyalami satu per satu peserta haji yang turun dari pesawat. 

"Kita patut bersyukur karena seluruh jamaah telah menunaikan rukun iman kelima dengan melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci dan kembali dalam keadaan selamat," tuturya.

Dalam sambutannya Harisson juga mendoakan agar ibadah haji yang telah dilaksanakan diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT) dan menjadi haji yang mabrur.

"Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar saya mengucapkan selamat datang kembali ke tanah kelahiran. Jadilah bapak, ibu, contoh dan teladan yang baik bagi keluarga, lingkungan, dan masyarakat," kata Harisson.

Namun Harisson juga menyampaikan kabar duka bahwa dari keseluruhan jamaah haji Kalbar yang berjumlah 2.593 orang, ada tiga orang yang meninggal di Tanah Suci.

"Atas nama pribadi dan Pemprov, kami turut berduka cita atas meninggalnya jamaah haji di Tanah Suci. Semoga almarhum ditempatkan di tempat yang terbaik oleh Allah SWT," tutupnya.

Kedatangan 181 peserta haji ini menandai awal dari serangkaian kepulangan jemaah haji Kalbar yang diharapkan dapat pulang dengan selamat dan membawa berkah bagi keluarga dan masyarakat di daerah mereka masing-masing.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024