Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Pj. Sekda Kalbar), Mohammad Bari, mengajak seluruh Pramuka yang ada di Kalbar untuk meningkatkan komitmennya dalam pembangunan dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam memaknai peringatan HUT ke-63 tahun ini.

"Ulang Tahun Pramuka diharapkan dapat menjadi momentum bagi Pramuka Kalbar untuk berkomitmen menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kita memperbarui Tri Satya Pramuka agar seluruh Gerakan Pramuka Kwarda Kalbar tetap teguh dalam menjaga Pancasila dan NKRI," kata Bari saat memimpin upacara Ulang Janji Pramuka, di Pontianak, Rabu.

Mohammad Bari yakin bahwa Pramuka adalah fondasi generasi muda yang akan terus setia kepada Pancasila dan NKRI. Ia menegaskan bahwa anggota Pramuka memiliki kewajiban untuk menjaga keutuhan NKRI dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Pramuka adalah cikal bakal generasi muda yang akan selalu setia kepada Pancasila dan NKRI," tuturnya.

Dia menambahkan, upacara Ulang Janji merupakan tradisi yang dilaksanakan oleh anggota Pramuka di seluruh Indonesia setiap tanggal 14 Agustus untuk memperingati Hari Pramuka Nasional. Di Kalimantan Barat, upacara ini diisi dengan kegiatan perenungan terhadap kontribusi setiap anggota Pramuka dalam gerakan kepramukaan serta pengulangan Janji Pramuka.

Selain itu, Upacara Ulang Janji juga berfungsi sebagai momen evaluasi bagi anggota Pramuka, untuk menilai sejauh mana pengabdian mereka baik terhadap Gerakan Pramuka maupun masyarakat luas.

Tradisi ini menjadi salah satu sarana bagi anggota Pramuka untuk terus memperkuat komitmen mereka dalam mengabdi kepada bangsa dan negara.

"Dengan pelaksanaan Upacara Ulang Janji dan Malam Renungan ini, diharapkan seluruh anggota Pramuka Kwarda Kalbar semakin teguh dalam mengamalkan nilai-nilai yang tertuang dalam Tri Satya Pramuka, serta berkomitmen menjaga keutuhan NKRI dan menjunjung tinggi Pancasila," kata Bari.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024