Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Entikong, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia.

"Alhamdulillah, Wamendagri tiba di Kalimantan Barat dan langsung ke Entikong dalam rangka memimpin upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau," kata Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Provinsi Kalbar, Sefpri Kurniadi di Pontianak, Jumat.

Sefpri mengatakan, kunjungan ini tidak hanya untuk menjalankan tugas sebagai inspektur upacara, tetapi juga untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan di perbatasan Indonesia-Malaysia, di PLBN Entikong.

Dalam rangka HUT RI tahun ini, Pemprov Kalbar bersama sejumlah pihak juga melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan di wilayah perbatasan Badau-Malaysia, antara lain, pembentangan bendera Merah Putih Raksasa yang ditujukan untuk menunjukkan kebanggaan dan semangat nasionalisme di wilayah perbatasan.

Selain itu juga ada kerjasama dengan Rumah Zakat Kalbar untuk program 500 Superqurban, di mana dalam program ini Rumah Zakat Kalbar akan mendistribusikan daging kurban yang dikemas secara praktis, untuk dibagikan kepada masyarakat perbatasan.

"Ada juga layanan kesehatan lansia Dhuafa dengan memberikan layanan kesehatan gratis bagi lansia kurang mampu yang tinggal di wilayah perbatasan. Kemudian pembagian tas sekolah untuk anak perbatasan, sebagai bagian dari upaya mendukung pendidikan," kata Sefpri.

Tidak hanya itu, juga dilaksanakan kegiatan distribusi paket sembako kepada masyarakat di wilayah perbatasan, untuk meringankan beban hidup masyarakat di sana. Kemudian kegiatan pembagian bendera Merah Putih kepada masyarakat di perbatasan, untuk memperkuat rasa cinta tanah air.

"Lalu ada juga program yang melibatkan relawan untuk memberikan edukasi dan semangat kebangsaan kepada siswa di wilayah perbatasan," tuturnya.

Dia menambahkan, dengan tema HUT ke-79 RI "Nusantara Baru Indonesia Maju," kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan. Program-program ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Rumah Zakat, serta instansi pemerintah setempat seperti Puskesmas Badau, Camat Badau, dan Koramil Badau.

Untuk wilayah perbatasan Kalbar, bertindak sebagai Inspektur Upacara di PLBN Entikong yaitu, Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo, kemudian Plh Dirjen Politik & Pemerintahan Kemendagri, Togap Simangunsong di PLBN Aruk, kemudian Staf Ahli Bidang Pemerintahan & Otda Kemen PAN RB, Jufri Rahman, di PLBN Badau dan Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP, Makhruzi Rahman di PLBN Jagoi Babang. 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024