Pokja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sekadau sukses menggelar Pekan Jurnalistik Pelajar yang mengusung tema "Tingkatkan Literasi Digital, Generasi Muda Sekadau Tangkal Hoaks untuk Wujudkan Pilkada Damai 2024".

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Sekda Kabupaten Sekadau, Mohammad Isa, di Aula Rektorat ITKK Sekadau pada Sabtu (14/9). 

"Apresiasi setinggi-tingginya untuk PWI Kabupaten Sekadau yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Kegiatan ini penting dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat," ungkap Sekda Kabupaten Sekadau Mohammad Isa, mewakili Bupati Sekadau Aron.

Ia berharap dengan literasi digital yang baik dapat berkontribusi terciptanya pilkada yang aman dan damai di Kabupaten Sekadau.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelajar dapat lebih memahami jurnalistik dan mungkin tertarik menjadi wartawan di masa depan," katanya. 

Sementara itu, Ketua Pokja PWI Kabupaten Sekadau, Dina Mariana, mengatakan pihaknya terus berbenah diri untuk membuat program atau kegiatan yang efektif menjawab tantangan zaman. 
Apalagi di era digitalisasi saat ini, di mana siapa pun bisa menjadi corong informasi dan menyampaikan opini. 

"PWI Sekadau Goes To School menjadi program rutin kita yang sudah dilaksanakan sejak dilaunching pada Februari 2024. Untuk Pekan Jurnalistik Pelajar ini yang program pertama dan insyaallah akan menjadi agenda tahunan PWI Kabupaten Sekadau," katanya. 

Bertepatan dengan momentum Pilkada serentak 2024, Dina juga mengajak generasi muda untuk berani menangkal hoaks. Generasi muda, khususnya generasi Z harus dapat mengolah, menganalisas, dan mencerna informasi secara kritis.

"Mari kita bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif, terutama di ruang digital agar Pilkada di Kabupaten Sekadau dapat berjalan dengan aman dan damai," kata Dina. 

Pada kesempatan itu, Dina juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sekadau yang telah memberikan dukungan sehingga PWI Kabupaten Sekadau dapat menjalankan program-programnya dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Sekadau. 

Juga ucapa terima kasih kepada Polres Sekadau, Kejari Sekadau, PT Agro Andalan, PT MPE, dan Penerbit Erlangga serta pihak-pihak lainnya yang sudah mendukung program PWI Kabupaten Sekadau selama ini.

Adapun narasumber dalam kegiatan Pekan Jurnalistik Pelajar, yaitu Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sekadau Sapto Utomo, Kepala Diskominfo Kabupaten Sekadau Matius Jon, Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Sekadau Iptu Koderi, dan Kajari Sekadau yang diwakili oleh Kasi Intelijen Kejari Sekadau Jhon Christian Lumban Gaol. 

"Mudah-mudahan kolaborasi dan kerja sama yang sudah terjalin dengan baik selama ini dapat terus ditingkatkan. Terima kasih juga kepada rekan-rekan panitia yang sudah bekerja keras mempersiapkan kegiatan Pekan Jurnalistik Pelajar," tukasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024