Komando Distrik Militer (Kodim) 1002/Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan bakti sosial di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di kawasan Pegunungan Meratus di Desa Pambakulan, Kecamatan Batang Alai Timur.

“Kegiatan bakti sosial ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan uluran tangan di wilayah 3T,” kata Komandan Kodim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa usai menyerahkan sembako kepada masyarakat di Desa Pambakulan, Hulu Sungai Tengah, Selasa.

Dia menyebutkan, kegiatan bakti sosial kali ini, yakni pembagian sembako, penyuluhan kesehatan, dan pengobatan massal secara gratis.

“Kami bekerja sama dengan pemerintah daerah melibatkan Puskesmas Batu Tangga dan Polkes 09.05.15/HST. Tim medis memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat desa,” ucapnya.

Selain itu, kata Fery, tim medis juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara dan pentingnya menjaga kesehatan agar tetap produktif untuk beraktivitas dalam pekerjaan sehari-hari.

Menurut dia, kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan TNI ini merupakan komitmen institusi hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat, khususnya di wilayah 3T dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti sembako dan layanan kesehatan.

“Kami berharap kegiatan bakti sosial dapat meringankan beban ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah 3T,” tutur Fery.

Sementara itu, Camat Batang Alai Timur Muhammad Hardianto memberikan apresiasi kepada jajaran TNI yang inisiatif membantu kesulitan masyarakat di daerah pelosok.

Menurutnya, kegiatan bakti sosial sangat berarti bagi masyarakat desa, dan diharapkan kerja sama antara TNI dan pemerintah daerah dapat terus terjalin dengan baik.

“Kami harap kegiatan bakti sosial ini dapat menginspirasi pihak lain untuk turut serta berkontribusi dalam membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat desa,” ujar Hardianto.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024