Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada pada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir.

Prakirawan BBMKG WIlayah I Medan Christin di Medan, Jumat, mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah pantai timur, lereng timur, pegunungan, lereng barat, dan pantai barat Sumatera Utara.

"Waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang dapat berpotensi terjadinya banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," katanya.

Ia mengatakan, cuaca di Sumatera Utara pada Sabtu (28/9) pagi rata-rata berawan dan berpotensi hujan ringan.

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat yang disertai petir di wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat yang disertai petir berpotensi di wilayah Dairi, Deli Serdang, Humbahas, Karo, Binjai, Medan, Padang Sidempuan, Langkat, Madina, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Padang Lawas, Pakpak Bharat, Samosir, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat yang disertai petir di wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat yang disertai petir berpotensi di wilayah Langkat, Pakpak Bharat, Dairi, Deli Serdang, Humbahas, Karo, Binjai, Medan dan sekitarnya.

Dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat yang disertai petir di Labuhanbatu, Padang Lawas, Padang Lawas Utara dan sekitarnya.*

Pewarta: Juraidi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024