Bupati Ketapang, Martin Rantan memimpin Apel Gabungan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang di halaman Kantor Bupati Ketapang, Selasa. Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan deklarasi Netralisasi ASN dan kepala desa (Kades) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Ada hal penting yang dijaga oleh ASN dan Kades terkait dengan Pilkada 2024 ini, yakni tentang netralitas. Aturan terkait netralitas ASN diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 94 tahun 2021 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil," kata Bupati.

"Netralitas Kades diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, hal tersebut juga tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum. Tugas ASN dan Kades, memiliki tanggung jawab untuk melayani seluruh masyarakat tanpa memandang latar belakang politik," lanjutnya.

Bupati pun mengajak semua untuk menjaga sikap netral sebelum, selama dan setelah pelaksanaan Pilkada. Kemudian setiap pelayanan publik yang kita berikan harus bersifat adil dan tidak diskriminatif.

"Saya juga mengingatkan pentingnya menghindari konflik kepentingan. Kita harus profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Kita tidak boleh membiarkan kepentingan pribadi atau kelompok mempengaruhi keputusan dan tindakan sebagai pelayan masyarakat," ujar Bupati.

Bupati juga mengigatkan ASN dan Kades jangan melakukan intimidasi terhadap individu atau kelompok agar mendukung calon tertentu. "Setiap orang memiliki hak untuk menentukan pilihan sendiri. Kita harus menciptakan iklim yang kondusif dan aman bagi semua warga untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi," tutur Bupati.

Bupati pun menginbau kepada kepala perangkat daerah agar mengawasi dan membina seluruh ASN di lingkungan kerja masing-masing. Jika ada pelanggaran segera ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Saya tidak mau melihat ASN atau Kades di Ketapang dilaporkan Bawaslu. Mari kita jaga netralitas, integritas dan kualitas pelayanan publik kita. Semoga Pilkada di Ketapang lancar dan menghasilkan pemimpin yang mampu membawa Ketapang semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera," harap Bupati.

Pewarta: Subandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024