Sebanyak 2.500 peserta akan meramaikan Nusantara TNI Fun Run di Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur untuk merayakan hari ulang tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia, Minggu (6/10).
 
"Antusiasme masyarakat cukup tinggi untuk ikut Nusantara TNI Fun Run, target 2.500 peserta sudah terpenuhi," ujar Staf Khusus Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bidang Komunikasi Publik sekaligus Juru Bicara OIKN Troy Pantouw di Sepaku, Penajam Paser Utara, Sabtu.
 
Peserta yang mengikuti lomba lari gembira sebagai bentuk dukungan terhadap peringatan HUT TNI tersebut berasal dari berbagai komunitas lari, masyarakat umum, serta dari sejumlah kelembagaan dan instansi.

Baca juga: Kemanunggalan TNI dan rakyat jadi modal untuk keutuhan bangsa
 
Agenda Nusantara TNI Fun Run menjadi simbol atas kontribusi TNI dalam menjaga keamanan dan stabilitas pembangunan Kota Nusantara, menurut dia, diharapkan dapat menjadi bagian dari perayaan berkelanjutan yang melibatkan elemen bangsa.
 
"Rute Nusantara TNI Fun Run melalui kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) Kota Nusantara, jadi berikan kesempatan masyarakat untuk rasakan kemajuan pembangunan ibu kota baru Indonesia," tambahnya.
 
Jalur atau rute lomba lari gembira sepanjang lima kilometer melintasi sejumlah kawasan penting di KIPP Kota Nusantara, termasuk Jalan Grande depan Istana Negara, Plaza Seremoni, dan Taman Kusuma Bangsa.
 
Para peserta bakal disuguhi pemandangan alam yang indah dan kawasan ikonis di ibu kota baru Indonesia, dapat memberikan pengalaman berlari yang menyegarkan dan unik, di akhir kegiatan peserta akan dihibur dengan penampilan Nella Kharisma dan Black Forest Band.

Baca juga: Kapolri pastikan selalu bersinergi dalam setiap tugas
 
Kota Nusantara ditutup untuk kunjungan kedinasan dan masyarakat umum pada 6 Oktober untuk kelancaran, keamanan, dan ketertiban Nusantara TNI Fun Run, jelas Troy Pantouw, kunjungan kedinasan dan masyarakat umum dibuka kembali seperti biasa pada Senin (7/10).
 
Lomba lari gembira memperingati HUT ke-79 TNI tersebut selain melibatkan OIKN dan TNI, juga Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Bank Mandiri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, serta komunitas lari dari berbagai daerah termasuk dari Kalimantan Timur.
 
"Keterlibatan Bank Mandiri dalam Nusantara TNI Fun Run merupakan bentuk komitmen dalam pengembangan Kota Nusantara," kata Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Teuku Ali Usman.
 
Lomba lari gembira dapat menjadi wadah menyampaikan kesiapan Kota Nusantara sebagai pusat pemerintahan kepada pemangku kepentingan, dan menjadi pelopor kegiatan olahraga lainnya, serta meningkatkan ekonomi dan promosi para investor di ibu kota baru Indonesia, demikian ucapnya.

 
Baca juga: Joko Widodo berterima kasih pada Prabowo atas kekuatan pertahanan RI

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024