Dinas Kesehatan Kubu Raya Kalimantan Barat menyiagakan sebanyak 6 petugas untuk melayani korban banjir di empat desa di wilayah Kecamatan Sungai Ambawang.

"Jumlah petugas kita ada 6 orang dan dibagi 3 shift. Dikoordinir tim Puskesmas Desa Lingga," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Wan Iwansyah di Kubu Raya, Sabtu.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, kata dia, telah memfasilitasi kebutuhan obat dan bahan medis habis pakai. Puskesmas Desa Lingga Siaga disebutkannya siap melayani 24 jam.

Ia mengatakan jika masyarakat masih dalam keadaan baik dan belum sakit akibat atau dampak dari banjir.

Baca juga: Pemprov Kalbar salurkan bantuan untuk korban banjir di Desa Sosok Sanggau

"Biasanya dampak banjir terhadap kesehatan masyarakat tidak terjadi dengan serta merta, biasa setelah 1 minggu atau lebih baru terjadi. Walaupun demikian kami tetap akan melakukan pemantauan di lapangan, dan Jumat lalu kita juga sudah dapat bantuan obat-obatan dari Dinkes Provinsi Kalbar," ungkapnya.

Untuk informasi, desa yang terdampak banjir di Kecamatan Sungai Ambawang, Kubu Raya, Kalimantan Barat adalah Desa Teluk Bakung, Lingga, Pancaroba dan Malaya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kubu Raya Wasilun mengatakan jika pihaknya segera memberikan bantuan jika SK dari Bupati tentang status bencana alam banjir keluar.

"Insya Allah jika SK tanggap darurat bencana keluar, langsung bergerak," ujar Wasilun.

Baca juga: Bank Kalbar salurkan bantuan senilai Rp25 juta untuk korban banjir di Sanggau

Pewarta: Ridho Panji Pradana

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024