Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat menyiapkan sebanyak empat tempat pemungutan suara (TPS) khusus pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Pada Pilkada 2024 ini kami menyiapkan empat TPS khusus, yang salah satunya ada di panti sosial," kata Komisioner KPU Kabupaten Kubu Raya, Qomaruzzaman di Sungai Raya, Minggu.

TPS khusus itu disebutkan Kepala Divisi Perencanaan Data dan Informasi tersebut diantaranya berlokasi di lembaga pemasyarakatan (lapas) perempuan dan dewasa yang ada di Sungai Raya.

Selanjutnya TPS khusus ada di UPT Panti Sosial Mulia Dharma serta lapas perempuan di Desa Parit Keladi, Kecamatan Sungai Kakap.

Keberadaan TPS khusus itu dikatakan Qomaruzzaman untuk memfasilitasi para warga binaan menyalurkan hak pilihnya serta memastikan hak pilih warga binaan di lapas terlindungi.

"Untuk di panti sosial atau panti jompo itu sebenarnya tidak terlalu banyak, sekitar 70-an pemilih, tapi tetap kami buka untuk memastikan hak dan suara masyarakat tersalurkan," ucapnya.

Selain TPS khusus, KPU dikatakannya juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk para tahanan yang ada di polsek dan polres.

"Untuk mereka yang berstatus tahanan di Polres dan Polsek bisa memilih asal datanya ada dan akan masuk sebagai daftar pemilih tambahan," ucap dia.

Total pemilih di Kubu Raya untuk pilkada 2024 sendiri mencapai 444.070. Sebanyak 223.318 merupakan pemilih laki-laki dan 220.750 pemilih perempuan.

Tercatat total ada 1.090 TPS yang tersedia di 9 Kecamatan dan 123 desa untuk melayani 500-600 pemilih pada setiap TPS-nya.

 

Pewarta: Ridho Panji Pradana

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024