Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Digital Prabu Revta Revolusi menilai sentimen positif mendominasi ruang publik saat pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Menurut dia, kepercayaan masyarakat yang tinggi menunjukkan optimisme bahwa pemerintahan ini akan mampu membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

“Dari perbincangan dan pemberitaan yang mendominasi media massa, terlihat bahwa masyarakat percaya pada potensi kepemimpinan Prabowo-Gibran. Ini adalah momentum penting bagi Indonesia untuk memperkuat fondasi pembangunan ke depan,” ujar Prabu dalam rilis pers yang diterima, Kamis.


Baca juga: Prabowo Subianto lantik tujuh Penasihat Khusus Presiden


Dia mengungkapkan, berdasarkan pantauan selama 19--20 Oktober 2024, media daring di Indonesia dipenuhi oleh pemberitaan tentang prosesi pelantikan serta pembentukan kabinet pemerintahan baru.

Tercatat lebih dari 1.315 ekspos pemberitaan terkait kabinet, serta 965 ekspos yang mengulas pelantikan Presiden Prabowo dan Wapres Gibran.

Sorotan utama media tertuju pada langkah cepat Prabowo-Gibran dalam membentuk kabinet, yang diumumkan pada Minggu, 20 Oktober 2024, dan langsung dilantik di Istana Negara sehari setelahnya.

Pada periode itu pula, pemberitaan mengenai pelantikan Prabowo-Gibran didominasi oleh sentimen netral sebanyak 66 persen. Di samping itu, berita positif mencapai 30 persen, yang dinilainya mencerminkan harapan dan antusiasme masyarakat terhadap pemerintahan baru.

“Kabinet baru ini menjadi perhatian utama, baik di media nasional maupun internasional. Dengan 48 menteri, lima kepala lembaga, dan 56 wakil menteri, ukuran kabinet ini menunjukkan komitmen kuat pemerintah untuk menjawab tantangan nasional, meski tidak lepas dari sorotan terkait politik dinasti dan kebijakan HAM,” ungkap Prabu.

Selain itu, antusiasme masyarakat tercermin dari pesta rakyat yang digelar menyambut pelantikan. Jalanan utama di Jakarta dipenuhi oleh ribuan warga yang memberikan dukungan kepada pasangan Prabowo-Gibran, yang dipandang mencerminkan harapan besar terhadap masa depan Indonesia yang lebih baik di bawah kepemimpinan mereka.

“Pemerintahan Prabowo-Gibran telah memulai perjalanan yang penuh tantangan, namun dukungan publik adalah modal besar bagi mereka untuk membawa perubahan yang signifikan,” pungkas Prabu.


Baca juga: Joe Biden ucapkan selamat atas pelantikan Presiden Prabowo

Pewarta: Fathur Rochman

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024